Tak Takut Dingin! Ini Manfaat Mandi Air Dingin | Breaktime
Tak Takut Dingin! Ini Manfaat Mandi Air Dingin
29.12.2016

Setiap pagi sebelum berangkat ke tempat kerja Anda akan diuji oleh dua hal. Hal-hal tersebut adalah beranjak dari tempat tidur Anda yang hangat dan mandi pagi dengan air yang, brr dingin! Apabila Anda termasuk orang yang berada, mungkin Anda dapat menghindari dinginnya air ketika Anda mandi dengan menggunakan air hangat. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa ternyata mandi air dingin sangat baik untuk Anda? Tak percaya? Inilah manfaat mandi air dingin yang tidak Anda ketahui.

Baca juga : WAH, ADA RAHASIA UNIK DI BALIK SEGARNYA MANDI

Percaya tak percaya, salah satu manfaat mandi air dingin adalah membentuk mental Anda. Bagaimana bisa? Sebelumnya Anda perlu mengingat-ingat seberapa besar kemauan Anda untuk mengguyur tubuh Anda dengan air dingin ketika mandi? Yakin, tidak ada orang yang menyukai sensasi dingin menusuk yang mengenai kulit ketika mereka mandi akan tetapi mereka tetap melakukannya, bukan? Menghadapi dinginnya air dingin secara tidak langsung melatih willpower atau tekad Anda. Dan berangsur-angsur Anda akan terbiasa dengan pola pikir bahwa dalam hidup ada kalanya Anda harus siap menghadapi suatu hal yang tidak Anda suka.  

Selain melatih mental, mandi air dingin juga bermanfaat sebagai penawar stres. Air dingin dapat menurunkan tingkat asam urat di dalam tubuh dan sebaliknya meningkatkan kadar gluthatione di dalam darah sehingga membuat Anda lebih tenang dan rileks. Kadar gula dalam darah pun akan menjadi seimbang sehingga dapat membantu Anda menghindarkan diri dari resiko terkena diabetes. Selain itu air dingin juga dapat melebarkan pembuluh darah sehingga memperlancar sirkulasi di dalam tubuh dan membuat tubuh terasa lebih segar. Anda pun merasa lebih siap untuk menghadapi hari di tempat kerja. 

Tak Takut Dingin! Ini Manfaat Mandi Air Dingin | Breaktime
Jadikan mandi dengan air dingin sebagai tantangan!

Dan bagi Anda yang ingin memiliki kulit dan rambut yang sehat, ada baiknya Anda membiasakan diri untuk mandi dengan air dingin, lho! Karena menurut ahli dermatologis yaitu Jessica Krant, mandi dengan air dingin dapat membantu kulit Anda tetap lembap. Air dingin juga sangat baik untuk perawatan rambut dengan memperkuat sel-sel folikel pada rambut Anda sehingga rambut Anda tidak akan mudah rontok.  

Fakta menarik lainnya dari aktivitas mandi air dingin di pagi hari adalah air dingin dapat membantu tubuh membakar lemak. Di dalam tubuh terdapat dua jenis lemak, yaitu lemak putih dan lemak coklat. Lemak putih adalah lemak jahat dan merugikan bagi tubuh, sedangkan lemak coklat adalah jenis lemak yang baik bagi tubuh karena ia berfungsi untuk menghangatkan tubuh. Nah, ketika Anda mandi air dingin, perbuatan tersebut akan merangsang lemak coklat menghasilkan panas yang lebih besar sebagai usaha untuk membuat tubuh Anda tetap hangat. Panas yang dihasilkan oleh lemak coklat tersebut akan memicu proses pembakaran lemak putih sehingga lemak jahat di dalam tubuh Anda pun akan berkurang dan Anda pun akan mengalami penurunan berat badan. 

Baca juga : DEMI CANTIK, ARTIS JEPANG MANDI DENGAN AIR BERAS!

Mandi dengan air dingin juga memiliki fungsi sebagai cara untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Ketika Anda mandi dengan air dingin, hal tersebut akan memicu peningkatan panas tubuh sehingga proses metabolisme tubuh pun menjadi lebih lancar. Dan dengan meningkatnya proses metabolisme tubuh, produksi sel-sel darah putih sebagai penjaga daya tahan tubuh pun turut meningkat.

Wah, ternyata manfaat mandi air dingin ada banyak sekali, ya? Bagaimana, B’Timers? Beranikah Anda untuk memulai hari dengan mandi air dingin? (dkp)



artikel kompilasi
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE