Nyeri Haid Bisa Diatasi dengan Cara Tradisional | Breaktime
Tak Perlu Obat, Nyeri Haid Bisa Diatasi dengan Cara Tradisional
08.12.2015

Jika B’timers masih ‘memiliki’ hubungan sangat buruk dengan masa PMS, berarti Anda belum mengetahui bagaimana cara mengatasinya. Selama ini mungkin Anda hanya mengkonsumsi obat yang dibeli di supermarket atau menghabiskan waktu dengan berusaha tidur. Namun rasa sakit dan nyeri tetap menyerang.

Nah, ada beberapa cara tradisional yang ternyata ampuh menyembuhkan nyeri haid seperti  berikut ini:

Minuman herbal dan buah-buahan

Sudah sejak lama diketahui bahwa beberapa tumbuhan memiliki khasiat yang dapat membantu Anda mengatasi datangnya PMS setiap bulan. Bahkan di negara-negara Eropa dan Asia, telah banyak beredar berbagai macam minuman herbal yang terbuat dari sayuran serta buah-buahan.

Perawat dari University of Colorado Hospital, Katarina Schmell, mengatakan bahwa beberapa jenis minuman herbal dapat mengatasi keluhan akibat PMS. Disebutkan bahwa minuman yang mengandung rassberry merah, tomat, atau pisang, dapat mengurangi nyeri yang kita rasakan. Dan disarankan untuk menghindari konsumsi kopi, bahkan minuman diet cola karena kafein yang terkandung di dalamnya justru akan membuat nyeri semakin hebat.

Anda juga dapat mencoba menambahkan daun mint ke dalam minuman teh sebagai menu sarapan. Peppermint atau daun mint yang selama ini digunakan untuk menambah rasa masakan ternyata mengandung zat yang berefek menenangkan serta dapat mengurangi sakit kepala. Anda dapat mengoleskan minyak mint di beberapa bagian tubuh untuk mengendurkan otot-otot yang tegang yang menyebabkan nyeri perut.

Nyeri Haid Bisa Diatasi dengan Cara Tradisional | Breaktime
Lakukan olahraga ringan dapat membantu meringankan gejala PMS

Berusaha untuk melakukan olahraga ringan

Ya, berolahraga juga ternyata disebutkan dapat mengatasi gejala PMS Anda lho, B’timers. Alih-alih tidur, Gabrielle Francis, seorang dokter dan ahli akupuntur di New York menyarankan untuk melakukan olahraga ringan jika Anda dilanda PMS yang menyiksa. Selain dapat mengurangi sakit atau nyeri, olahraga juga melepaskan hormon dopamin, endorfin serta serotonin yang memicu rasa bahagia.

Dengan melakukan peregangan pinggul dan punggung juga dapat melancarkan darah haid, sehingga menghindarkan kram perut. Francis menyarankan untuk melakukan seperti gerakan-gerakan ringan dalam yoga menjelang periode menstruasi.

Apabila nyeri yang dialami sangat hebat sehingga tidak dapat beraktivitas, Anda dapat memijat perut dan punggung bagian bawah dengan minyak aroma terapi yang menenangkan. Lakukan gerakan memijat memutar searah jarum jam, Anda bisa mengulangi pijatan hingga 2 kali sehari menjelang datangnya tamu bulanan untuk mengurangi pegal serta nyeri di area perut bagian bawah.

Nah, setelah mengetahui cara alami mengatasinya, kini Anda tidak perlu murung lagi setiap dilanda PMS kan, B’timers? Dan, hindari pemakaian obat-obatan kimia, ya? Karena berefek buruk bagi kesehatan untuk jangka waktu panjangnya.

Share This Article