Tak Perlu Galau, Ini Dia Cara Berhenti Merokok! | Breaktime
Tak Perlu Galau, Ini Dia Cara Berhenti Merokok!
06.12.2016

Meski kita sudah mengetahui risiko dan dampak buruk dari kebiasaan merokok, tetapi masih ada begitu banyak orang yang tetap merokok dan tak menghentikan kebiasaan buruk yang satu ini, B’timers. Anda tentu sudah sering membaca, bahwa di dalam sebatang rokok terkandung lebih dari 4000 bahan kimia, yang bersifat racun dan dapat menyebabkan kanker.

Well, meskipun sulit, tetapi dengan Anda berhenti merokok, ada banyak manfaat yang akan didapat jika Anda berhenti merokok, B’timers. Wajah akan tampak jauh lebih muda, stres menjauh, kesuburan akan meningkat, penampilan menjadi semakin menawan karena taka da lagi gigi kuning karena rokok hingga terhindar dari penyakit mematikan. So, intip cara berhenti merokok berikut ini, yuk, B’timers!

Tak Perlu Galau, Ini Dia Cara Berhenti Merokok! | Breaktime
Meskipun tergoda, namus usahakan untuk tetap fokus, ya?

Usahakan untuk tetap fokus pada manfaat

Jika Anda memutuskan untuk berhenti merokok, tak hanya diri Anda seorang saja yang akan mendapat manfaatnya, B’timers. Keluarga dan orang-orang di sekitar Anda pun akan merasakan manfaat tersebut. Nah, apabila Anda sudah memutuskan untuk berhenti, carilah alasan kuat yang dapat membuat Anda tetap pada pendirian. Dan usahakan untuk tetap fokus pada alasan tersebut.

Baca juga : CARA TERBAIK MENJADI VEGETARIAN DAN TETAP SEHAT

Tetapkan tanggal Anda mulai berhenti merokok

Jangan membiasakan diri untuk mengabaikan tanggal berhenti merokok yang telah Anda tetapkan, lho. Dengan menundanya, justru Anda yang akan rugi, B’timers. Pasti ada hambatan yang akan menghalangi Anda. Dan tingkatan stres akan meningkat pada hari pertama hingga ketiga dari Anda berhenti merokok, B’timers. Namun alihkan perhatian Anda pada hal lain yang lebih  menarik.

Cari dan minta dukungan dari orang-orang dekat

Dengan banyaknya dukungan yang diberikan oleh orang-orang dekat di sekitar Anda, akan memudahkan Anda dalam berhenti merokok, B’timers. Cara berhenti merokok selanjutnya yang perlu dilakukan adalah mencari dukungan dari orang-orang tercinta. Tingginya dukungan dari orang lain akan membantu Anda terbebas dari kecanduan merokok.

Tak Perlu Galau, Ini Dia Cara Berhenti Merokok! | Breaktime
Jika perlu mintalah bantuan medis untuk atasi kebiasaan merokok

Minta bantuan ataupun pengobatan medis

Jika dukungan orang di sekitar Anda dirasa tak cukup membantu, Anda juga bisa meminta bantuan dari dokter, kok. Konsultasikan keinginan Anda untuk berhenti merokok. Untuk mengatasi kecanduan ini, biasanya akan dilakukan terapi pengganti nikotin, B’timers. Caranya adalah dengan mengganti rokok dengan permen karet atau tablet hisap yang mengangung nikotin rendah.

Luangkan waktu memperbanyak aktivitas fisik

Menurut penelitian, aktivitas fisik terbukti dapat membantu mengalihkan perhatian seseorang dari rasa ingin merokok, lho, B’timers. Cobalah secara bertahap menggerakkan tubuh secara aktif dengan berlari keliling kompleks, sit up di halaman, lompat tali atau bersepeda. Dan tak hanya kegiatan olahraga luar rumah saja yang bisa membantu, beberapa pekerjaan rumah tangga pun cukup efektif, lho.

Baca juga : DADA SAKIT SAAT BATUK, PERLU DIWASPADAI TIDAK?

Siapkan makanan ringan yang gurih di sekitar Anda

Cara lain yang dapat membantu Anda berhenti merokok adalah dengan mengganti batang rokok dengan camilan yang rasanya gurih, B’timers. Namun makanan ringan ini sebenarnya tergantung dari setiap pribadi. Jadi sesuaikan camilan dengan makanan kesukaan Anda, bisa dengan buah segar, permen karet maupun keripik.

Berikan denda pada diri sendiri jika tak mampu

Sangat berat untuk mengendalikan diri dari keinginan untuk merokok. Terutama jika Anda hanya sendiri, B’timers. Untuk itu kedisiplinan diri sangat dibutuhkan di sini. Setiap kali Anda tidak sanggup menahan diri dari rokok, berikan denda pada diri sendiri. Denda bisa berupa uang atau aktivitas fisik. Dan lakukan semua itu dengan fokus dan kemauan yang tinggi, ya?

Nah, dengan cara berhenti merokok di atas, Anda bisa belajar sedikit demi sedikit mengurangi keinginan untuk merokok, kan, B’timers? (NO)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE