Tak Perlu Cemas, Inilah Cara Mengecilkan Ambeien | Breaktime
Tak Perlu Cemas, Inilah Cara Mengecilkan Ambeien!
12.01.2017

Sering mengalami kesulitan buang air besar, B’timers? Well, kesulitan buang air besar tidak hanya bikin rasa tidak nyaman pada perut, namun juga menyebabkan pembengkakan ambeien, lho. Kesulitan buang air besar, menyebabkan kita lebih sering mengejan. Hal inilah yang akhirnya menjadi penyebab bengkak dan meradangnya pembuluh darah pada area di dalam maupun di luar anus.

Gejala yang ditimbulkan dari bengkaknya pembuluh darah pada anus adalah perasaan mengganjal serta nyeri. Dan jangan salah, lho, B’timers. Karena hampir semua orang memiliki wasir. Wasir biasanya akan timbul jika seseorang memiliki berat badan berlebih, sering sembelit dan mereka yang berdiri ataupun duduk dalam waktu yang lama. Wasir juga umum dialami oleh wanita hamil.

Wasir terbagi menjadi dua jenis. Wasir internal yang tidak terlalu menimbulkan rasa sakit, bahkan meski berdarah. Dan yang kedua adalah wasir eksternal, yang tak hanya menyakitkan, namun juga memberi rasa gatal pada anus. Apabila pembengkakan pembuluh darah sudah terlalu parah, dokter biasanya akan melakukan tindakan medis, berupa pengangkatan wasir atau ambeien, lho.

Tak Perlu Cemas, Inilah Cara Mengecilkan Ambeien | Breaktime
Duduk terlalu lama sebabkan ambeien. Photo by www.verywell.com

Namun jangan khawatir, B’timers, karena ada cara mengecilkan ambeien dengan bahan-bahan alami, kok. Simak beberapa tips menyembuhkan ambeien berikut ini, yuk!

Dan salah satu cara yang paling efektif dan juga cepat mengatasi rasa tidak nyaman karena wasir adalah dengan melakukan perendaman pada area anus. Ambil wadah yang cukup besar kemudian isi dengan air hangat. Berendam di air hangat selama sekitar 15 hingga 20 menit, mampu mengurangi rasa nyeri pada anus, lho. Lakukan cara ini setidaknya 2 hingga 3 kali dalam sehari.

Penggunaan obat pengurang rasa sakit, seperti krim, salep atau tissue khusus, cukup efektif mengurangi rasa sakit dan tidak nyaman karena ambeien. Selain itu, Anda juga bisa menerapkan produk petroleum jelly yang bisa membantu mengurangi pembengkakan dan gatal. Minyak ekstrak hazelnut memiliki sifat astringent, yang efektif membantu mengecilkan ambeien dan mengurangi rasa gatal.

Baca juga : JANGAN SEPELEKAN, BAHAYA KURANG MINUM AIR PUTIH

Cara mengecilkan ambeien lainnya yang dapat Anda lakukan adalah menghindari mengejan ketika akan buang air besar, B’timers. Memaksa untuk membuang air besar merupakan penyebab utama timbulnya ambeien. Jangan pernah ke toilet untuk buang air besar sebelum Anda benar-benar ingin. Dan hindari jongkok atau duduk di toilet lebih dari 5 menit. Bantalan toilet bisa membantu mengurangi ketegangan yang terjadi pada anus dan mengurangi risiko pembentukan wasir baru, B’timers.

Usahakan untuk mencegah sembelit dengan mulai mengubah gaya hidup Anda. Sembelit atau kesulitan buang air besar merupakan alasan sulitnya mengecilkan ambeien yang telah terbentuk, lho. Cegahlah sembelit dengan meminum banyak air mineral dan memperbanyak asupan serat. Makanan kaya serat ditambah dengan air, membantu melunakkan tinja, sehingga mengurangi rasa sakit pada wasir ketika buang air besar.

Asupan tinggi serat bisa Anda dapatkan dari brokoli, kacang-kacangan, gandum, buah dan sayuran segar. Setidaknya orang dewasa membutuhkan asupan serat sebanyak 25 hingga 30 gram setiap hari, B’timers. Dan jika dengan banyak minum air dan makan makanan berserat tak cukup membantu dalam mengatasi sembelit, Anda bisa menggunakan pelunak tinja yang bisa dibeli di apotek.

Olahraga juga termasuk salah satu cara mengecilkan ambeien yang tidak banyak diketahui, lho, B’timers. So, selain memperbaiki asupan makanan dan minuman, Anda juga wajib meluangkan waktu berolahraga untuk membantu mengatasi sembelit. (NO)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BALI
GUIDE
related img
icon maps
BALI
GUIDE
related img
icon maps
BALI
GUIDE