Meditasi Tak Harus Dengan Pose Duduk, Ini Dia! | Breaktime
Tak Harus Duduk, Meditasi Bisa Juga dengan Pose Ini
17.05.2016

Manfaat meditasi untuk kehidupan sudah tidak bisa dipungkiri lagi. Ketenangan dan pernapasan di tempat yang hening membantu Anda menjadi lebih rileks hingga stres jadi terusir. Namun, percobaan kasar beberapa orang malah mematahkan pakem meditasi yang identik dengan duduk bersila di tempat yang nyaman. Nyatanya, meditasi bisa dilakukan dengan pose dan tempat tak biasa, lho. Ini buktinya.

Berdiri di manapun

Meditasi adalah tentang konstentrasi. Dan, untuk berkonsentrasi Anda tidak perlu harus bersila dan meletakkan kedua tangan di atas lutut seperti layaknya orang bersemedi. Di manapun, asal Anda merasa nyaman, Anda bisa memejamkan mata dan merasakan udara dengan irama teratur bahkan dengan berdiri sekalipun.

Meditasi Tak Harus Dengan Pose Duduk, Ini Dia! | Breaktime
Dapatkan ketenangan dari lingkungan sekitar

Duduk di halte bus

Menunggu adalah pekerjaan yang paling paling jenuh? Salah! Menunggu adalah waktu tambahan pemberian Tuhan. Sambil menunggu bus datang, duduklah dengan tenang sambil memejamkan mata. Rasakan udara sekitar dan bernapaslah dengan teratur. Meski hanya 3 menit, ini cukup bermanfaat, lho.

Di dalam mobil atau kereta

Dalam perjalanan, kadang Anda merasa bosan. Tidur tak nyaman karena suara kendaraan yang bising. Namun, B’timers, justru itulah harta karun di perjalanan. Coba pejamkan mata dan dengarkan alunan roda kereta atau gemuruh suara bus. Jika Anda mendengarkan ada melodi yang menenangkan jiwa, meditasi Anda berhasil.

Meditasi Tak Harus Dengan Pose Duduk, Ini Dia! | Breaktime
Bahkan di tengah jalan sekalipun

Duduk di bawah meja

Saat istirahat di kantor, Anda malas keluar membeli makan siang. Titip rekan semeja boleh juga, kok. Sambil menunggu, cobalah meringkuk di bawah meja kerja. Atur napas dengan baik sambil relaksasi pikiran. Hati-hati ketiduran, ya!

Di rest area

Liburan keluarga atau teman-teman dan berhenti di rest area? Let’s meditate! Manfaatkan suasana pemandangan yang ada. Biasanya, tempat peritirahatan memiliki desir angin dan pemandangan yang menyejukkan. Memejamkan mata barang sejenak dan mengatur irama napas akan membuat badan lebih fresh.

Benar, bukan? Ruang publik juga memiliki ketenangan jika kita bisa menemukannya. Jadi, tak perlu duduk bersila di tempat penuh keheningan untuk mendapatkan manfaat meditasi kan, B’timers? (nap)

Share This Article