Tak Hanya Segar, Ini Manfaat Mengonsumsi Apel | Breaktime
Tak Hanya Segar, Ini Lho Manfaat Mengonsumsi Apel
11.03.2016

Apel adalah buah primadona sepanjang masa. Rasanya yang manis dengan sedikit masam membuat apel sangat segar untuk diolah jadi minuman atau dimakan begitu saja. Tidak hanya anak-anak, orang dewasa juga banyak yang suka makan apel sebagai menu pendamping diet. Nah, beruntunglah mereka yang suka makan buah apel. Pasalnya, apel ternyata memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh dan otak. Berikut manfaat mengonsumsi apel.

Menurunkan kolesterol

Kombinasi asam ursolic, pectin dan D-glucaric acid dalam apel dapat membantu membersihkan dan mengeluarkan kolesterol dari tubuh. Karena itu, apel sangat bagus untuk membantu mengurangi risiko penyakit jantung coroner. Serat larut apel juga menghasilkan gel karet yang dapat mengikat lemak di usus dan bisa menurunkan kadar kolesterol. Itulah kenapa apel juga sangat baik untuk diet.

Meningkatkan daya ingat dan fungsi otak

Apel merah mengandung anthocyanin dan flavonoid di bagian kulitnya. Sebuah riset menemukan bahwa kedua kandungan tersebut memiliki kemampuan untuk meningkatkan memori otak dan membantu mencegah penurunan fungsi mental. Flavonoid yang ditemukan dalam apel merah dapat membantu untuk memperbaiki dan meningkatkan kinerja otak. Jadi manfaat mengonsumsi apel lainnya adalah untuk meningkatkan daya ingat dan kemampuan otak menerima sinyal.

Tak Hanya Segar, Ini Manfaat Mengonsumsi Apel | Breaktime
Apel merah bisa membuat daya ingat dan fungsi otak semakin baik

Menguatkan dan menyehatkan tulang

Apel membantu Anda membangun tulang yang kuat dengan kandungan mineral boron dan phloridzin di dalamnya. Boron membantu menurunkan risiko osteoporosis dengan meningkatkan kemampuan tulang untuk menyerap kalsium melalui magnesium dan vitamin D. Selain itu, phloridzin juga membantu meningkatkan kepadatan tulang agar tidak mudah keropos.

Tak Hanya Segar, Ini Manfaat Mengonsumsi Apel | Breaktime
Kandungan mineral boron dalam apel mampu menjaga kekuatan tulang

Kaya serat

Salah satu kandungan terbaik yang dimiliki buah apel adalah pectin. Pectin paling banyak terdapat di kulit apel. Selain menurunkan kolesterol, sebuah penelitian menemukan bahwa pectin membantu menurunkan kadar gula darah dan menjaganya agar tetap stabil. Itu artinya Anda juga terjaga dari penyakit diabetes atau kencing manis.

Baik sekali, bukan, manfaat mengonsumsi apel? Arena itu, rajin-rajinlah makan buah apel demi kesehatan Anda dan keluarga. Sajikan apel untuk pencuci mulut setelah makan malam atau diolah menjadi puding dan berbagai jenis minuman juga ide yang sangat menarik, B’timers! (nap)

Share This Article