Tak Cuma Asal Kunyah, Permen Karet Anda Manfaatnya | Breaktime
Tak Cuma Asal Kunyah, Konsumsi Permen Karet Anda Manfaatnya
21.10.2015

Mengunyah permen karet sepertinya adalah hal biasa dan tidak ada keistimewaannya. Tapi ternyata, mengunyah permen karet menyimpan banyak manfaat besar untuk tubuh. Tak percaya? Ini dia ulasannya:

Meningkatkan memori

Ketika mengunyah permen karet secara berulang, hippocampus, bagian otak yang mengatur memori atau ingatan, akan mendapat stimulus. Akibatnya reseptor insulin akan aktif dan meningkatkan level glukosa yang dibutuhkan tubuh serta otak.

Mengunyah permen karet juga akan melancarkan aliran darah dan meningkatkan suplai oksigen ke otak sehingga bisa menambah kemampuan kognitif seseorang. Selain itu, detak jantung dan tekanan darah akan lebih stabil untuk menyamakan kinerja otak kiri dan kanan.

Tak Cuma Asal Kunyah, Permen Karet Anda Manfaatnya | Breaktime
Mengunyah permen karet bisa mengurangi stres

Mengurangi stres

Mengunyah permen karet dapat menurunkan level stres seseorang. Siswa yang mengunyah permen karet selama ujian akan lebih konsentrasi dan fokus. Hal ini berkaitan dengan kegiatan mengunyah permen karet yang dapat mengurangi level stres secara signifikan.

Membantu sistem pencernaan

Gangguan pencernaan juga bisa teratasi dengan mengunyah permen karet. Hal ini disebabkan oleh meningkatnya jumlah air liur yang tertelan seta kemampuan usus. Mengunyah permen karet juga dapat mencegah asam lambung naik ke tenggorokan.

Melindungi gigi

Permen biasanya buruk untuk kesehatan gigi, tapi permen karet tanpa gula dianjurkan untuk melindungi gigi. American Dental Association merekomendasikan untuk mengunyah permen karet tanpa gula 20 menit setelah makan karena terbukti dapat mengurangi plak akibat sisa-sisa makanan.

Selain itu, mengunyah permen karet tanpa gula juga dapat mengurangi kadar asam dan bakteri pembusukan pada gigi yang menjadi penyebab gigi berlubang.

Tak Cuma Asal Kunyah, Permen Karet Anda Manfaatnya | Breaktime
Atur kebiasaan makan dengan permen karet

Menjaga kebiasaan makan

Mengunyah permen karet dapat memberikan pengaruh baik terhadap kebiasaan makan seseorang. Dengan mengunyah permen karet, perasaan ingin makan akan menurun serta membuat Anda mengonsumsi lebih sedikit karena terdapat kalori yang tersimpan ketika mengunyah permen karet. Bahkan, ada anggapan bahwa permen karet dapat membantu untuk menurunkan berat badan.

Membantu saat penerbangan

Perubahan tekanan udara yang cepat saat lepas landas atau mendarat akan menyebabkan tekanan pada telinga yang terasa tidak nyaman. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengunyah permen karet. Tujuannya adalah untuk menyeimbangkan tekanan pada telinga Anda.

Mengurangi rasa mual

Mual akibat perjalanan ataupun karena hamil dapat dikurangi dengan mengunyah permen karet. Permen karet herbal merupakan pilihan terbaik untuk memproduksi air liur yang akan mengatasi tingkat keasaman di perut.

Sangat banyak kan, manfaat tersembunyi mengunyah permen karet yang sangat baik untuk tubuh?

Share This Article