Tak Bisa Jauh dari Ponsel? Hati-hati Nomofobia! | Breaktime
Tak Bisa Jauh dari Ponsel? Hati-hati Nomofobia!
10.09.2016

Dan, ya, sekarang ada sindrom takut jauh dari ponsel, B’timers. Tanda-tandanya adalah, Anda terus saja menatap layar ponsel. Ketika tidak ada ponsel di genggaman, Anda akan merasa cemas. Ya, obsesi pada gadget canggih ini memang sudah menjadi hal yang cukup mengerikan. Satu dari lima orang di dunia ini memiliki smartphone. Nah, berikut efek negatif yang akan Anda dapat jika kecanduan ponsel, termasuk nomofobia, B’timers!

Tak Bisa Jauh dari Ponsel? Hati-hati Nomofobia! | Breaktime
Janjian bertemu sahabat, tapi malah seperti ini

Sakit otot dan mati rasa pada siku

Terlalu sering menggulirkan layar dengan jempol, mengetik SMS atau memainkan game di smartphone dapat menyebabkan kram jari dan sakit otot, lho. Tak hanya itu, menekuk siku dalam jangka waktu yang cukup lama, Anda bisa merasakan kesemutan atau mati rasa di jari manis dan kelingking. Pernah, kan?

Nyeri pada otot leher serta bahu

Membungkuk menatap ponsel selama berjam-jam sangat mudah merusak leher dan juga menyakiti otot punggung Anda, B’timers. Otot leher juga bisa mengalami stres berlebihan, lho. Dan berdasarkan studi yang dilakukan, sebanyak 84 % orang dewasa mengalami sakit punggung karena lama membungkuk.

Baca juga : HAYO, YANG SUKA BERBOHONG, WASPADAI PENYAKIT INI!

Ketakutan no-mobile-phone-phobia

Dan inilah, yang paling sering dikeluhkan banyak orang saat jauh dari ponsel, B’timers. Well, nomofobia alias rasa takut berlebihan karena jauh dari ponsel. Beberapa gejala dari sindrom yang satu ini termasuk kecemasan hingga histeris. Uniknya, mayoritas penderita nomofobia adalah wanita daripada kaum pria.

Tak Bisa Jauh dari Ponsel? Hati-hati Nomofobia! | Breaktime
Bahkan saat makan masih berhadapan dengan ponsel

Mempengaruhi kesehatan mata

Tentu saja dengan menatap font kecil di teks dalam layar ponsel dan membaca ratusan percakapan chat dengan grup teman kantor, dapat menyebabkan kelelahan mata, pengelihatan kabur, pusing atau mata kering. Jika merasa tidak nyaman saat membaca, cobalah untuk mengubah setting ukuran huruf.

Cemas jika smartphone bergetar

Wow, tidak, tidak! Ponsel Anda bahkan tidak disetting untuk bergetar jika ada pesan masuk. Tapi ketika seseorang sudah terlalu parah memiliki ketergantungan pada ponsel, dia akan selalu merasa bahwa ada getaran dari ponselnya. Ketakutan ini membuat mereka terus terusan mengintip ponsel setiap saat.

Nah, dari beebrapa efek negatif dari kecanduan ponsel, apa Anda termasuk yang merasakan nomofobia, B’timers? (NO)

Share This Article