Perhatian dan Kasih Sayang Bisa Menyembuhkan Loh | Breaktime
Tahukan Anda? Perhatian dan Kasih Sayang Bisa Menyembuhkan
17.11.2015

Tidak dipungkiri, di jaman yang serba modern seperti saat ini pengobatan secara medis pasti menjadi pilihan terbaik bagi para penderita. Namun beberapa penelitian menunjukkan bahwa perhatian dan kasih sayang ternyata berkhasiat ampuh untuk membantu proses kesembuhan dari penyakit dan menurunkan tekanan darah ketika dalam kondisi stres.

Menurut psikolog Kasandra Putranto, kunjungan kepada teman atau keluarga yang sedang sakit dapat membantu penyembuhan disamping pemberian obat-obatan medis.

"Obat-obatan memang punya peran penting dalam menyembuhkan penyakit, tapi kehangatan, perhatian dan kasih sayang juga dapat membantu mempercepat proses penyembuhan," kata psikolog Kasandra Putranto di acara Kampanye 'Lovermula' OBH Combi, di Jakarta, baru-baru ini.

Menurut penelitian, kehangatan dan kasih mampu memperbaiki tingkat kesehatan yang lebih besar daripada efek obat saja, bahkan menurunkan tingkat keparahan penyakit hingga 16 persen.

Mengenai hal itu, perusahaan medis Combiphar melalui OBH Combi meluncurkan kampanye Lovermula untuk mengajak masyarakat Indonesia membudayakan kembali komunikasi dan interaksi sosial yang mulai luntur seiring dengan kemajuan teknologi.

"Sebagai obat batuk yang dipercaya sampai dengan 44 tahun, ingin menyampaikan bahwa kombinasi obat yang tepat dengan sentuhan kehangatan dan perhatian orang terdekat akan membantu proses penyembuhan orang-orang yang kita sayangi, baik keluarga, pasangan, dan sahabat yang sedang sakit,” ujar Weitarsa Hendarto, VP Consumer Health & Wellness, Combiphar.

Saat ini, sejumlah survei dan penelitian menunjukkan bahwa tren masyarakat Indonesia semakin sibuk dan lebih banyak menghabiskan waktunya dengan gadget dan dunia digital. Mengutip data yang dimiliki eMarketer, pada akhir 2015 diperkirakan sekitar 55 juta pengguna smartphone di Indonesia Kemajuan teknologi komunikasi (digital) memang banyak memberikan dampak positif dalam kehidupan sosial dan komunitas. Namun, kondisi tersebut kadang membuat kita lupa dengan orang-orang terdekat kita (keluarga, pasangan, dan sahabat).

"Setelah lama menjadi brand terpercaya bagi masyarakat Indonesia, memberi kehangatan dan perhatian langsung bagi para konsumen. Maka kampanye Lovermula, memperkuat manfaa obat dengan menggalakkan pentingnya human interaction atau memberikan perhatian secara langsung, yang bagaimanapun juga tidak dapat digantikan sepenuhnya oleh teknologi di jaman modern ini," papar Weitarsa.

Sementara menurut Anastasia Desy, Senior Brand Manager OBH Combi, pentingnya kampanye ini adalah untuk menggalakkan interaksi sosial (social human interaction) yang sebenarnya tidak dapat digantikan oleh teknologi jaman modern ini.

"Budaya human interaction dan memberikan perhatian sangat penting dalam membantu proses kesembuhan. Karena biar bagaimana pun perhatian dan interaksi secara langsung tidak dapat digantikan dengan teknologi," ujar Desy.



artikel kompilasi
related img
icon maps
bali
guide
related img
icon maps
bali
guide
related img
icon maps
bali
guide