Tahap-Tahap Pertumbuhan Balita | Breaktime
Tahap-Tahap Pertumbuhan Balita
10.11.2016

Menyaksikan serta memastikan bahwa pertumbuhan balita berlangsung lancar adalah suatu hal yang mendebarkan bagi setiap orangtua. Sebagai orangtua tentu Anda berharap-harap cemas dan berusaha mengumpulkan informasi sebanyak mungkin mengenai ciri-ciri pertumbuhan balita Anda. Hal tersebut ternyata memang sangat diperlukan dan disarankan oleh dokter-dokter anak. Karena masa balita adalah masa terpenting di dalam hidup seorang manusia karena di masa itu ia akan mengalami perkembangan dari segala sisi. Dengan mengetahui tahap perkembangan balita dari waktu ke waktu, Anda akan dapat mengambil tindakan intervensi yang tepat saat perkembangan bayi Anda mengalami keterlambatan.

Tahap-tahap pertumbuhan balita pada umumnya akan terlihat dalam beberapa tahapan usia, yaitu usia 1 bulan, 2 bulan, 3 bulan, 4 bulan, 6 dan 9 bulan. Detail dari tahap-tahap perkembangan balita tersebut dapat Anda lihat di bawah ini.

Baca juga : YUK, KENALI TANDA-TANDA AWAL AUTISME PADA BAYI!

  • Usia 1 Bulan

Pada usia 1 bulan, bayi mulai mengalami perkembangan motorik yang pesat dengan menunjukkan kemampuannya dalam melakukan gerakan-gerakan sederhana seperti menggerakkan tangan dan kakinya secara aktif, menolehkan kepala ke kanan dan ke kiri, dan menatap wajah Anda maupun wajah teman-teman Anda saat mereka berkunjung ke rumah Anda. Selain itu, indera pendengaran dari balita juga mulai berkembang ditandai dengan mulai bereaksinya ia saat mendengar bunyi-bunyian. 

Tahap-Tahap Pertumbuhan Balita | Breaktime
Penting sekali untuk mencatat perkembangan bayi Anda.
  • Usia 2 bulan

Saat bayi menginjak usia 2 bulan, ia mulai dapat mengangkat leher dan kepalanya saat Anda meletakkan bayi Anda dalam keadaan tengkurap, ia juga mulai dapat mengenal suara Anda dan pasangan Anda dengan menunjukkan reaksi seperti tersenyum ceria. Kemampuan motorik mata juga sudah mulai terasah dengan aktifnya pergerakan matanya dalam mengikuti gerakan orang lain

  • Usia 3 bulan

Di usia ini, bayi sudah mulai belajar menggerakan jari jemarinya yang mungil dan belajar untuk menggenggam. Ada baiknya Anda membeli mainan-mainan yang memiliki desain khusus untuk bayi Anda demi mengembangkan kemampuannya dalam menggenggam sesuatu. Bayi Anda juga mulai berusaha untuk berkomunikasi dengan Anda dengan membuat suara-suara tertentu seperti “ah”,“eh”, dan pada fase ini ia mulai dapat tertawa riang dan berteriak, bahkan tersenyum kepada orang lain

  • Usia 4 bulan

Pada usia yang menginjak 4 bulan, balita mulai dapat mengangkat kepalanya dengan tegak. Kemampuan berkomunikasinya pun berkembang cukup pesat dengan mengucapkan suara yang mirip dengan kata-kata, bahkan ia mampu dan senang meniru-niru suara di sekitarnya. Ia juga dapat menunjukkan respons-respons saat diajak berkomunikasi dan bermain, ia juga mulai dapat memprotes dengan tangisan saat Anda menghentikan permainan. Di tahap ini, ia juga mulai menirukan mimik muka Anda, seperti saat Anda cemberut atau tertawa. Kemampuan motorik yang lain adalah, ia mulai aktif menggerakkan tangan ke mulut.

  • Usia 6 bulan

Balita Anda sudah mulai dapat mengenali wajah Anda, wajah kerabat keluarga yang lain, dan orang asing. Kemampuannya dalam mengidentifikasi dan membedakan mana wajah yang dikenal dan mana wajah yang asing sudah mulai berfungsi dengan baik. Ia pun sudah mulai dapat mengenal namanya sendiri dengan menunjukkan respons saat ia mendengar namannya dipanggil. Ia semakin sering menunjukkan perkembangan-perkembangan otot penggerak tubuhnya, seperti berguling-guling dari perut ke punggung dan sebaliknya, dan ia juga mulai belajar untuk duduk.

Balita pada usia ini sudah memiliki rasa penasaran terhadap berbagai macam hal dan berusaha menggapai objek yang jauh dari jangkauannya. Dan ia sudah mulai menaruh berbagai macam objek ke dalam mulutnya, sehingga pengawasan ekstra dari Anda sangat dibutuhkan, seperti menjauhkan barang pecah belah dari jangkauannya, dan jangan memberikan alat permainan yang terlalu kecil sehingga berpotensi untuk membuatnya menelan mainan tersebut, karena hal itu dapat berakibat fatal bagi hidup anak balita Anda.

  • Usia 9 bulan

Balita mulai memiliki rasa takut kepada orang asing dan bersikap clingy terhadap Anda dan pasangan. Ia juga mulai memiliki preferensi dalam memilih mainan yang paling dia sukai. Balita Anda juga dapat menunjuk sesuatu dengan menggunakan jari, duduk tanpa dibantu, mulai merangkak dan otot-otot pada kakinya mulai mampu menopang tubuhnya (walaupun ia harus berpegangan pada sesuatu), dan ia mulai dapat mengucapkan kata-kata panggilan sederhana untuk Anda, seperti “mama”, “papa”, atau “dada.”

Jadi demikianlah tahap-tahap dari pertumbuhan balita. Harap diingat bahwa setiap bayi memiliki kecepatan perkembangan yang berbeda-beda, dan uraian di atas hanyalah perhitungan kasar sehingga Anda tidak perlu terlalu cemas saat perkembangan bayi Anda sedikit terlalu cepat atau sedikit lambat. Dan tidak perlu membandingkan balita Anda dengan balita lain. (dkp)



artikel kompilasi
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE