Suka Ngopi, Pikirkan Efek Samping Ini! | Breaktime
Suka Ngopi, Pikirkan Efek Samping Ini!
27.07.2017

Kopi jadi salah satu minuman yang identik banget dengan para pekerja kantoran. Nggak hanya di luar negeri, di Indonesia pun demikian. Kita semua tahu bahwa kopi mengandung satu zat yang mampu meningkatkan daya kerja otak, sehingga akan membuat peminumnya terus terjaga. Bagi sebagian orang, kopi selalu memiliki efek positif.

Memang benar, beberapa kandungan yang ada dalam kopi ternyata bisa membuat umur B’timers lebih panjang, lho! Christina Chrysohoou adalah seorang ahli kesehatan, menyebutkan bahwa antioksidan dan beberapa nutrisi lainnya yang ada dalam kopi ternyata sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Bahkan tak tanggung-tanggung, manfaatnya bisa mencegah tubuh Anda terserang diabetes, jantung, hingga kanker.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Info Kesehatan Terbaru: Bahaya Ponsel Cuma Hoax?

Namun, hal itu terjadi pada kopi murni yang belum ada campuran bahan kimia seperti pada kopi sachet. Selain mencegah beberapa risiko penyakit, kopi murni yang dikonsumsi dengan porsi tepat mampu membuat otak lebih cerdas dan kemampuan memori yang lebih baik.

Ada banyak manfaat kopi jika dikonsumsi dalam takaran yang benar. Bahkan beberapa manfaat lain juga mampu membuat seseorang terhindar dari stroke, neurologis, demensia, hingga alzheimer. Hebatnya lagi kopi bisa membuat kita panjang umur. How it’s work?

Itu karena mereka meminum kopi dengan takaran yang pas dan menerapkan pola hidup sehat yang ketat. Diimbangi dengan berolahraga dan tentunya perasaan yang nyaman setelah minum kopi. Sayangnya tidak semua orang akan mendapatkan perasaan yang nyaman setelah minum kopi.

Suka Ngopi, Pikirkan Efek Samping Ini! | Breaktime
Berdebar setelah ngopi, tenang ada tipsnya!
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Anti Baper Saat Dikritik, Ini Caranya!

Bagi sebagian orang lainnya, kopi memiliki berbagai efek samping yang berbeda. Anda pasti pernah mendengar teman atau bahkan merasakan sendiri bahwa setelah minum kopi akan muncul perasaan beredebar. Tak hanya deg-degan, bahkan beberapa orang akan merasa mual, pusing, dan kembung setelah minum kopi. Hal ini terjadi bukan hanya untuk Anda yang tidak suka minum kopi, tetapi juga bisa menyerang coffee lovers.

Perasaan deg-degan yang dialami oleh peminum kopi ini terjadi karena kesalahan pada metabolisme tubuh. Dr. Michael Roizen dari Cleveland Clinic mengungkapkan bahwa perasaan tak nyaman tersebut dikarenakan metabolisme tubuh yang kurang baik. Ini juga bisa karena tubuh yang tidak bisa menerima kafein atau sensitif terhadap kafein.

Apalagi jika Anda mengonsumsi secangkir kopi filter yang disaring sebanyak 8 ons dala m waktu satu jam. Efek samping seperti itu akan terasa. Masalah lambung juga bisa jadi alasan. Jika Anda menderita maag, perasaan deg-degan dan pusing akan muncul. Jadi, hindari mengonsumsi kopi dalam keadaan perut kosong.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Hubungan Minum Kopi dengan Kesehatan Jantung Anda

Tapi tak perlu khawatir, B’timers. Anda bisa meredakan perasaan tak nyaman setelah minum kopi dengan cara-cara berikut ini.

Pertama lakukan kegiatan-kegiatan yang bisa membuat Anda lebih rileks. Misalnya duduk dengan santai, jalan-jalan di taman, atau mendengarkan musik yang menenangkan. Kemudian Anda bisa juga menetralisir kafein dengan minum banyak air putih.

Setelah itu, Anda bisa mengimbanginya dengan mengonsumsi makanan sehat seperti sayuran hijau dan buah-buahan segar. Tapi tak cukup hanya dengan mengimbangi dengan makanan sehat, Anda juga perlu sesekali check-up ke dokter. Anda juga bisa berpikir ulang untuk melakukan investasi kesehatan. Dengan begitu, Anda pun juga bisa menikmati kopi dengan perasaan yang lebih nyaman, kan? (vpd)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE