Suka Memuntahkan Makanan? Hati-hati Anoreksia! | Breaktime
Suka Memuntahkan Makanan? Hati-hati Anoreksia!
24.04.2015
“Some people who are obsessed with food become gourmet chefs. Others become eating disorders.”

- Marya Hornbacher-

B’timers, anoreksia merupakan gangguan pola makan yang ditandai dengan turunnya berat badan secara drastis, merasa sangat ketakutan ketika mengalami kenaikkan berat badan, dan memiliki pandangan bahwa dirinya gemuk atau bahkan obesitas. Orang-orang yang menderita anoreksia banyak melakukan cara yang ekstrem untuk menjaga berat badannya, salah satunya dengan sengaja memuntahkan makanan yang baru dikonsumsi.

Hal ini tentu saja berbahaya dan bisa menimbulkan berbagai gangguan kesehatan seperti pusing, terlambat menstruasi, dehidrasi, serta mengalami kelelahan berlebihan. Selain gangguan kesehatan fisik, anoreksia juga mempengaruhi emosi dan suasana hati. Tak jarang, penderita anoreksia akut akhirnya mengalami depresi.

Menolak untuk makan adalah salah satu pertanda anorexia selain memuntahkan makanan
Menolak untuk makan adalah salah satu pertanda anorexia selain memuntahkan makanan

Ironisnya, anoreksia ini sebagian besar disebabkan oleh pemahaman yang keliru mengenai standar kecantikan yang  ada di masyarakat. Misalnya saja, budaya Barat menganggap bahwa cantik identik dengan tubuh kurus. Maka dari itu, banyak wanita yang merasa kurang percaya diri apabila tak memiliki tubuh yang kurus layaknya seorang model. Dampaknya, mereka rela melakukan apapun untuk memiliki tubuh kurus, meski kadang harus membahayakan nyawanya.

B’timers, anoreksia bukanlah penyakit yang bisa disembuhkan dengan obat. Penderitanya harus terbebas dari pola pikir yang keliru dan mau mengubah dirinya sendiri untuk sembuh. Tentu saja ini bukanlah hal yang mudah. Terbukti, sudah begitu banyak wanita yang harus kehilangan nyawanya karena anoreksia.

Maka dari itu, cintai diri Anda apa adanya! Tak usah risau jika tak memiliki tubuh sekurus para model. Tapi kalau memang ingin tampil lebih menarik dengan tubuh ideal, lakukan cara-cara yang aman untuk kesehatan misalnya saja dengan mengatur pola makan atau menjadi vegetarian.

Share This Article