Sudahkah Anda Tahu Manfaat Timun Bagi Kesehatan? | Breaktime
Sudahkah Anda Tahu Manfaat Timun Bagi Kesehatan?
15.12.2016

Sudahkah Anda tahu manfaat timun bagi kesehatan, B’timers? Mentimun adalah sayuran keempat yang paling banyak dibudidayakan di dunia. Bahkan karena banyaknya kandungan nutrisi di dalam mentimun, sayuran ini masuk ke dalam salah satu makanan paling baik untuk kesehatan, lho. Karena tingginya air di dalam timun, dengan mengonsumsinya Anda dapat membantu tubuh untuk tetap terhidrasi.

Nah, sebelum membahas tentang manfaat timun bagi kesehatan, sebaiknya Anda intip terlebih dahulu kandungan gizi yang ada di dalam sayuran kaya air ini, B’timers:

  • 115 gram air
  • 16 kalori
  • 0.8 gram protein
  • 0.2 gram lemak
  • 2.9 gram karbohidrat

Dan berikut ini manfaat timun untuk kesehatan yang akan Anda dapatkan, B’timers:

Sudahkah Anda Tahu Manfaat Timun Bagi Kesehatan? | Breaktime
Anda tak perlu mengolah timun untuk bisa dikonsumsi

Membantu menjaga kesehatan otak

Dengan kandungan zat flavanol atau fisetin, timun memberikan manfaat bagi kesehatan otak, yaitu bisa membantu meningkatkan memori dan melindungi sel saraf serta menghindari risiko penurunan fungsi otak karena usia.

Menyeimbangkan asupan air dalam tubuh

Memiliki sekitar 96 % air, timun sangat baik untuk menjaga kebutuhan air bagi tubuh, B’timers. Dengan mengonsumsi timun, tubuh dapat memenuhi kebutuhan air harian dengan mudah. Dan tidak hanya itu, lho. Timun juga membantu menetralisir racun di dalam tubuh Anda.

Baca juga : CARA TERBAIK MENJADI VEGETARIAN DAN TETAP SEHAT

Membantu menjaga kesehatan jantung

Nah, manfaat lain dari timun untuk kesehatan adalah karena tingginya kandungan kalium dalam timun, ditambah dengan magnesium dan serat, sayuran ini sangat baik dikonsumsi. Timun dapat membantu menjaga keseimbangan tekanan darah.

Sudahkah Anda Tahu Manfaat Timun Bagi Kesehatan? | Breaktime
Pastikan Anda mencuci bersih timun sebelum mengonsumsinya

Menjaga keseimbangan berat badan

Tubuh bisa merasa kenyang dalam waktu yang lebih lama saat mengonsumsi timun. Hal ini dikarenakan di dalam timun terkandung sangat sedikit kalori, yaitu 16 kalori. Sementara itu kandungan serat larut di dalam timun dapat membantu melancarkan pencernaan.

Membantu kesehatan gigi serta area mulut

Untuk Anda yang ingin menjaga kesehatan area mulut, tak perlu menggunakan obat kumur atau benang floss, kok. Cukup dengan mengunyah timun secara rutin saja, B’timers. Manfaat timun yang satu ini bisa membantu menjaga kesehatan gigi serta area mulut.

Mendukung kesehatan sistem pencernaan

Air dan serat adalah kandungan yang paling penting dan paling dibutuhkan tubuh. Dan keduanya dapat ditemukan dalam timun. Denan tingginya serat serta air, bisa membantu membersihkan usus dari racun. Dengan begitu, Anda terbebas dari masalah buang air besar.

Baca juga : MAKANAN TINGGI PROTEIN YANG TEPAT UNTUK DIET!

Membantu melawan pertumbuhan sel kanker

Timun kaya akan kandungan lariciresinol, pinoresinol dan secoisolariciresinol, di mana ketiganya turut ambil bagian dalam membantu melawan pertumbuhan sel di dalam tubuh. Mengonsumsi timun secara rutin terbukti menurunkan risiko beberapa jenis kanker.

Sudahkah Anda Tahu Manfaat Timun Bagi Kesehatan? | Breaktime
Padukan timun dengan sayuran segar lainnya, ya, B’timers?

Menyembuhkan diabetes dan mengurangi kolesterol

Jus timun mengandung hormon yang dibutuhkan oleh sel-sel pancreas untuk memprosuksi insulin yang sangat bermanfaat bagi pasien diabetes, B’timers. Dan menurut penelitian, senyawa sterol dalam timun juga dapat membantu mengurangi kadar kolesterol.

Mengurangi risiko penyakit nyeri persendian

Timun merupakan salah satu sayuran yang mengandung silica. Kandungan ini terbukti dapat membantu meningkatkan kesehatan sendi dengan memperkuat jaringan ikat. Selain itu, timun kaya akan Vitamin A, B1, B6, C dan D. Jus timun dan wortel mampu meringankan nyeri sendi.

Dan ternyata timun yang selama ini banyak digunakan dalam produk perawatan kecantikan, juga dapat membantu menjaga kesehatan tubuh. Nah, dengan banyaknya manfaat timun di atas, Anda tentu akan mulai menambahkan timun ke dalam menu sehari-hari, kan, B’timers? (NO)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE