Sudah Tahu Pengertian Multiple Sclerosis? | Breaktime
Sudah Tahu Pengertian Multiple Sclerosis?
13.11.2017

Istilah Multiple Sclerosis mungkin sudah tidak lagi terdengar di telinga Anda. Tapi banyak orang yang salah mengira bahwa Multiple Sclerosis adalah salah satu jenis dari kelainan tulang belakang, yaitu skoliosis. Padahal 2 penyakit kelainan tersebut sangatlah jauh berbeda, lho. Hayo, sudah tahukah Anda pengertian Multiple Sclerosis yang sebenarnya?

Pertama-tama, Multiple Sclerosis adalah salah satu jenis penyakit autoimun dimana sistem kekebalan tubuh menjadi berserk dan justru menyerang sistem kekebalan tubuh. Secara khusus, pengertian Multiple Sclerosis adalah suatu kondisi kesehatan dimana sistem kekebalan tubuh menyerang selaput pelindung syaraf (selaput mielin)  di dalam otak dan pada syaraf tulang belakang.

Dengan menghilangnya selaput pelindung syaraf, maka sistem syaraf yang ada di bagian otak dan tulang belakang pun akan lebih rentan mengalami kerusakan. Syaraf-syaraf yang rusak akan mengeras dan membentuk jaringan parut. Jaringan parut tersebut lah yang disebut dengan sklerosis. Akibat dari adanya jaringan parut tersebut adalah terganggunya penyaluran pesan otak melalui sistem syaraf. Bergantung dari tingkat keparahannya, Multiple Sclerosis bisa mengakibatkan penderita menjadi lumpuh atau kebutaan permanen.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Tips Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil

Gejala dari Multiple Sclerosis sendiri bermacam-macam dan tiap orang mengalami jenis gejala yang berbeda, bergantung dari lokasi terjadinya Multiple Sclerosis dan tingkat keparahannya. Namun jika dirangkum, beberapa penderita Multiple Sclerosis bisa jadi mengalami gejala salah satu bagian anggota gerak terasa mati rasa atau terasa lemah dari biasanya. Selain itu, tak jarang Anda juga akan mengalami gangguan penurunan kualitas penglihatan. Tak jarang Anda juga mengalami buta sebagian atau buta seluruhnya pada salah satu organ mata.

Penderita Multiple Sclerosis juga bisa jadi merasa sensasi geli atau sakit seperti ditusuk jarum pada beberapa bagian tubuh tertentu. Beberapa penderita juga dilaporkan mengalami gejala lain seperti tremor, menurunnya kemampuan kognitif, mengalami penurunan kemampuan untuk berkomunikasi lisan, yang sering diiringi dengan rasa lelah dan rasa pusing yang berlebihan. 

Sudah Tahu Pengertian Multiple Sclerosis? | Breaktime
Sudah tahukah Anda pengertian Multiple Sclerosis?

Umumnya penderita mengalami jeda dari beberapa gejala sebelum set gejala lain muncul. Jeda gejala-gejala tersebut juga sangat bervariasi, bisa jadi dalam hitungan hari, minggu, bahkan bisa bertahun-tahun sebelum gejala lain timbul. Namun dalam kasus tertentu, beberapa penderita mengalami kemunculan gejala MS secara konsisten tanpa adanya jeda. Tapi presentasenya jauh lebih kecil dibandingkan dengan kategori MS yang pertama.

 Multiple Sclerosis bisa menyerang siapapun, walaupun ada beberapa tipe orang yang diketahui cenderung lebih rentan terkena penyakit autoimun ini. Multiple Sclerosis memang bisa menyerang siapapun baik laki-laki maupun perempuan, walaupun diketahui perempuan memiliki resiko yang jauh lebih besar dibandingkan dengan kaum Adam. Gejala awal MS pada umumnya muncul ketika seseorang menginjak usia awal 20 tahun hingga 60 tahun. MS juga diketahui lebih sering menyerang orang-orang yang memiliki garis keturunan dari benua Eropa bagian Utara.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Kontroversi Pengobatan Multiple Sclerosis

Dan seperti penyakit autoimun lainnya, faktor genetik juga menjadi faktor utama dari Multiple Sclerosis. Apabila B’Timers memiliki anggota keluarga pengidap Multiple Sclerosis, maka ada kemungkinan bahwa Anda dapat terjangkit penyakit ini. Unexpectedly, faktor gaya hidup pun dipercaya juga dapat memperburuk kondisi kesehatan seseorang yang terkena MS. Misalnya jika Anda mengalami beberapa gejala MS sedangkan Anda adalah seorang perokok kelas berat, maka resiko Anda terkena gejala selanjutnya dari MS pun akan semakin besar.

Sampai saat ini belum ditemukan solusi obat yang dapat menyembuhkan penyakit Multiple Sclerosis. Namun, untuk saat ini ilmu kedokteran sudah menemukan solusi sementara untuk membantu memperlambat rusaknya syaraf atau membantu mempercepat proses pemulihan selaput mielin dan syaraf yang diserang. Kita masih bisa berharap, nih.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Terapi Gen; Harapan Baru Pengobatan Thalasemia?

Nah, semoga informasi tentang pengertian Multiple Sclerosis serta solusinya di atas bermanfaat untuk B’Timers. Tetaplah bersemangat! (dkp)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE