Sudah Benarkah Cara Anda Membersihkan Telinga? | Breaktime
Sudah Benarkah Cara Anda Membersihkan Telinga?
16.12.2015

Banyak yang selama ini mungkin hanya lebih memperhatikan penampilan luar mereka saja. Dan mengabaikan kebersihan bagian tubuh yang tersembunyi, seperti kebersihan telinga. Padahal telinga juga cukup tampak lho, jika kotor.

Menjaga kebersihan telinga selain akan menghindarkan Anda dari resiko kehilangan pendengaran, juga akan memambah tingkat kepercayaan diri. Namun cek dulu, apakah cara Anda membersihkannya sudah benar, B’timers:

Earwax yang diproduksi

Sebenarnya alasan tubuh memproduksi cairan serumen atau earwax adalah sesuatu yang normal. Malah sangat baik untuk kesehatan telinga. Cairan tersebut adalah sebagai pelindung, pelumas, dan merupakan zat anti bakteri yang akan membantu telinga kita. Tanpa keberadaan earwax, telinga akan lebih beresiko terkena iritasi.

Sebenarnya, sepanjang waktu telinga kita melakukan pembersihan secara otomatis. Setelah earwax diproduksi, alaminya akan keluar sendiri bersama dengan sel kulit. Bagaimana? Ketika kita mengunyah, kotoran telinga akan menuju liang telinga bagian luar dan biasanya sudah dalam kondisi kering.

Sudah Benarkah Cara Anda Membersihkan Telinga? | Breaktime
Cottonbud bukan alat yang tepat untuk membersihkan telinga

Hindari cotton bud

Cotton bud, mungkin merupakan satu-satunya alat yang selama ini Anda gunakan untuk membersihkan telinga. Tapi sebenarnya hal itu sangat tidak dianjurkan oleh dokter karena hanya akan mendorong kotoran kembali masuk dan semakin sulit dikeluarkan.

Atau Anda pernah mencoba ear candle? Well, hal tersebut merupakan ide terburuk dalam membersihkan telinga. Karena menurut dokter THT, ear candle tidak terbukti dapat membersihkan kotoran telinga Anda dan justru akan menambah telinga menjadi lebih kotor akibat uap yang dihasilkan ear candle.

Lalu bagaimana cara membersihkan yang dianjurkan?

Untuk membersihkan telinga, gunakan kain basah. Tapi jangan sampai memasukkannya terlalu dalam ke liang telinga, B’timers. Anda cukup mengelap di sekitar lubang telinga saja.

Kebanyakan kasus yang terjadi adalah kotoran telinga yang berupa earwax dan sel kulit mati serta debu yang masuk ke telinga tidak dapat keluar secara alami. Anda bisa menggunakan beberapa tetes baby oil ke dalam telinga, untuk melembutkan kotoran.

Jadi jangan pernah menyepelekan masalah kebersihan telinga, ya? Apalagi sampai menyebabkan hilangnya pendengaran karena menggunakan alat yang salah, B’timers. (no)

Share This Article