Ternyata Kalsium Tidak Menguatkan Tulang | Breaktime
Studi Terbaru: Ternyata Kalsium Tidak Menguatkan Tulang, Lho
11.10.2015

Selama ini, tentunya B’timers sudah tahu peran penting kalsium pada kesehatan tulang, bukan? Namun, bagaimana bila penelitian terkini justru menemukan bahwa kalsium tak punya dampak khusus pada kepadatan tulang tubuh?

Studi ini dilakukan oleh Vicky Tai dari University of Auckland serta Andrew Grey dari University of Otago. Penelitian ini melibatkan 13.790 sampel wanita dan pria dengan usia di atas 50 tahun. Hasilnya, mereka yang mengonsumsi porsi kalsium lebih banyak dalam menu dietnya hanya mengalami kepadatan tulang sebanyak 1 hingga 2% saja, angka yang terlalu rendah untuk mengatasi patah tulang.

Ternyata Kalsium Tidak Menguatkan Tulang | Breaktime
Konsumsi kalsium pada lansia tidak memperbaiki kepadatan tulang

Penelitian yang sama juga dilakukan oleh Mark J. Bolland dari University of Auckland. Dari 55 studi tentang hubungan konsumsi kalsium dan patah tulang, tidak ditemukan adanya peran nyata bahwa kalsium mampu menyembuhkan patah tulang, lho.

Namun, ada juga penelitian yang mengungkap bahwa ada sedikit pengaruh kalsium untuk mengatasi patah tulang punggung, tapi tidak pada kasus patah tulang pinggul atau lengan. Yang lebih mencengangkan lagi, studi yang melibatkan 45.000 partisipan justru tidak menemukan peran suplemen yang mengandung kalsium pada bagian tubuh manapun.

Oleh karena itu, Dr. Mark J. Bolland, profesor fakultas kedokteran di University of Auckland, New Zealand, berani mengatakan bahwa B’timers tak perlu risau dengan kadar kalsium pada menu diet.

Namun, ingat ya B’timers, kasus ini terjadi pada mereka yang memiliki usia di atas 50 tahun yang bisa jadi sudah tidak memungkinkan adanya perkembangan fungsi tulang lagi. Bagi B’timers yang masih dalam usia produktif, kecukupan kadar kalsium dalam tubuh tetap diperlukan untuk kesehatan gigi dan tulang. Let’s be smart! (vsc)

Share This Article