Strabismus alias Mata Juling, Apa Penyebabnya? | Breaktime
Strabismus alias Mata Juling, Apa Penyebabnya?
20.10.2015

Mata juling atau dalam istilah kedokteran disebut dengan strabismus merupakan  kondisi di mana penglihatan kedua mata tidak tertuju pada obyek yang sama. Terkadang yang satu tertuju ke kanan dan yang lainnya ke kiri. Apa sebenarnya penyebab munculnya mata juling ini? Simak jawabannya berikut ini:

Amblyopia

Strabismus alias Mata Juling, Apa Penyebabnya? | Breaktime
Amblyopia atau lazy eye merupakan salah satu penyebab mata juling

Amblyopia atau penurunan daya penglihatan merupakan salah satu penyebab terjadinya mata juling. Gangguan ini bisanya banyak terjadi pada balita usia 2-3 tahun. Disebut juga mata malas atau lazy eye, amblyopia ini menyebabkan daya penglihatan antara satu mata dengan yang lainnya sangat berbeda. Sehinga otak akan memprioritaskan penghlihatan mata yang normal dibandingkan yang tidak.

Perbedaan ketajaman

Perbedaan ketajaman mata yang sangat besar, contohnya saja mata kanan minus 2 sedangkan mata kiri lebih besar minusnya 7. Perbedaan yang cukup besar ini menyebabkan salah satu mata memiliki daya penglihatan yang tinggi sehingga mampu menangkap sumber cahaya dengan sangat baik, sedangkan yang satunya memiliki ketajaman yang rendah.

Faktor bawaan

Ternyata mata juling juga bisa disebabkan oleh faktor keturunan. Anda yang memiliki keluarga dengan riwayat mata juling akan memiliki resiko lebih besar terserang gangguan ini. Jadi sebelum penyakit ini menyerang, Anda lebih baik untuk memeriksakannya terlebih dahulu agar bisa dicari pencegahannya.

Trauma yang terjadi pada mata

Trauma pada mata juga bisa memicu terjadinya strabismus, misalnya saja pernah mengalami kecelakaan, tertusuk benda tajam ataupun tumpul, serta terkena bakteri atau infeksi. Luka akibat trauma tersebut bisa menyebabkan kelumpuhan pada salah satu otot mata dan membuat fungsinya tidak berjalan baik seperti sebelumnya.

Nah, itulah beberapa pemicu terjadinya mata juling atau strabismus. Kalau B’timers merasa memiliki beberapa pemicu mata juling, segeralah berkonsultasi dengan dokter ahli untuk mendapatkan pencegahannya, ya!

Share This Article