STOP Menyusui Sambil Main Gadget Sekarang! | Breaktime
STOP Menyusui Sambil Main Gadget Sekarang!
06.10.2015

Teknologi yang semakin berkembang, tentu saja mempengaruhi seluruh lapisan masyarakat, termasuk ibu muda yang baru dikaruniai bayi. Akibatnya, menyusui sambil mengutak-atik gadget pun jadi kebiasaan tersendiri yang tak bisa ditinggalkan.

Ada beberapa fenomena menyusui sambil memainkan gadget, salah satunya adalah brexting atau breast texting yakni menyusui sambil mengetik pesan. Fenomena lainnya adalah brelfies, yakni mengambil gambar selfie ketika menyusui. Saat ini, tak sedikit ibu muda yang kerap melakukan brexting maupun brelfies dan menjadikannya sebagai kebiasaan. Fenomena ini pun menjadi perhatian dokter dan pakar pengasuhan anak. Kenapa ya?

Menganggu ikatan ibu-anak

Terry Bretscher, Supervisor Laktasi di Pomona Valley Medical Center, mengatakan bahwa ketika bermain gadget, ibu akan sulit berinteraksi dengan sang anak untuk membangun ikatan. Seperti yang telah diketahui, ketika memainkan gadget, biasanya kita akan fokus pada gadget dan mengabaikan hal lain diluar itu, termasuk interaksi yang dilakukan bayi.

Fokus ibu akan tertuju ke gadget dibanding bayi
Fokus ibu akan tertuju ke gadget dibanding bayi

Ibu menjadi tidak peka

Mau tidak mau, ketika menyusui sambil bermain gadget, fokus ibu akan terarah pada gadget. Akibatnya, ibu kurang memperhatikan isyarat yang diberikan bayi. Dr. Kateyune Kaeni, ahli psikologi kesehatan mental ibu, menjelaskan bahwa ketika menyusu, penglihatan bayi akan tertuju pada wajah ibu dan melakukan interaksi dengan melihat, tersenyum, dan bergumam pada ibu.

Masalahnya, ketika asyik dengan gadgetnya, ibu tidak akan memperhatikan interaksi yang dilakukan oleh sang buah hati. Dari interaksi yang tidak ditanggapi ini, bayi akan merasa tidak nyaman berada di pelukan Anda ketika menyusu, bahkan menjadi rewel karena ingin mendapat perhatian.

Kedua masalah sederhana ini, bisa menjadi besar karena pada tahun pertama ikatan antara ibu dan bayi merupakan hal penting. Ikatan yang kurang baik di tahun pertama, akan membekas pada bayi dan mempengaruhi mental dan pemikiran mereka terhadap sang ibu kedepannya.

Yuk, berhenti melakukan brexting mulai sekarang dan jadi ibu bijak, B’timers!

Share This Article