Stamina Terjaga Meski Puasa dengan Tips Berikut! | Breaktime
Stamina Terjaga Meski Puasa dengan Tips Berikut!
04.07.2016

Meskipun setiap tahun menjalankan puasa Ramadan, selalu ada keluhan. Ya, lemas dan berkurangnya stamina saat siang. Dan akhirnya bermalas-malasan sampai waktu buka puasa, deh. Padahal yang paling penting dalam bulan Ramadan selain menahan lapar dan dahaga adalah berusaha semangat. Hmm, meskipun puasa hampir berakhir, tak ada salahnya mengintip tips menjaga stamina saat puasa berikut!

Jangan abaikan makan sahur

Uh, lebih enak tidur daripada bangun sebelum subuh untuk makan sahur. Hmm, inilah di mana letaknya kesalahan, B’timers. Makan sahur adalah kunci utama untuk memulai puasa. Dari menu makanan sahur, Anda mendapatkan sumber energi untuk beraktivitas. Karena itu, jangan sembarangan memilih menu. Hidangkan makanan kaya gizi agar stamina terjaga hingga petang.

Hindari makanan manis

Makanan atau minuman manis saat berbuka memang sangat nikmat. Apalagi jika disajikan dalam keadaan dingin. Hmm, segarnya! Eits, tapi itulah sebab Anda kehilangan stamina untuk menjalankan ibadah salat tarawih, B’timers. Selain itu hindari juga makanan yang mengandung minyak, seperti gorengan, karena dapat membuat Anda semakin mengantuk.

Stamina Terjaga Meski Puasa dengan Tips Berikut! | Breaktime
Latihan fisik justru akan meningkatkan stamina, lho

Lakukan latihan fisik ringan

Jangan salah, B’timers! Puasa bukan alasan untuk meninggalkan rutinitas fisik, ya. Dan olahraga di bulan puasa tidak kalah pentingnya untuk menjaga stamina harian Anda. Latihan fisik membantu sirkulasi oksigen dalam tubuh. Namun tidak perlu melakukan olahraga yang berat. Setidaknya lakukan jogging ringan atau jalan santai selama 15 hingga 20 menit di sore hari.

Perhatikan pola tidur sehat

Dan ternyata pola tidur juga berperan dalam menjaga stamina Anda di bulan puasa, B’timers. Karena tidur malam Anda berkurang dengan kewajiban sahur, ganti beberapa menit di siang hari untuk mengembalikan stamina. Tapi ingat, jangan berlebihan tidur di siang hari, karena badan Anda hanya akan menjadi lebih lemas dan tidak bertenanga melanjutkan aktivitas.

Nah, dengan tips tersebut, Anda tidak perlu khawatir lagi kehabisan stamina di bulan puasa, kan, B’timers? (NO)

Share This Article