Ssstt, Tips Rahasia Ini Bisa Memperpanjang Usia Otak, Lho! | Breaktime
Ssstt, Tips Rahasia Ini Bisa Memperpanjang Usia Otak, Lho!
28.09.2015

Tahukah B’timers? Ingatan yang kuat sangat bergantung pada kesehatan dan vitalitas otak Anda. Nah, baik itu belajar untuk persiapan ujian atau menyelesaikan pekerjaan kantor, kegiatan-kegiatan yang membutuhkan pikiran seperti inilah yang bisa mempertajam mental Anda. Ini sekaligus dapat memperkuat memori Anda dan memperpanjang umur otak. Selain itu, tips-tips berikut bisa memperpanjang umur otak, lho! Ini dia:

Melakukan olahraga otak

Semakin usia kita bertambah, kita justru harus makin sering “menggunakan” otak kita. Lakukan aktivitas brain-boosting untuk mempertajam ingatan. Anda bisa melakukan hal-hal baru, menantang, serta membuat Anda belajar keahlian baru. Contohnya adalah belajar alat musik, bermain catur dan mempelajari bahasa asing seperti bahasa Inggris misalnya.

Selalu aktif berolahraga fisik

Olahraga mental memang perlu, namun olahraga fisik juga wajib dilakukan untuk mengimbanginya. Buat tubuh Anda berkeringat sekaligus mempertajam otak Anda. Olahraga dapat meningkatkan peredaran oksigen yang menuju otak dan mengurangi resiko daya ingat menurun.

Tidur yang cukup

Tidur juga berperan sangat penting agar otak bisa bekerja dengan baik dalam menggabungkan ingatan. Anda bisa mengatur jadwal tidur yang sama setiap harinya, menjauhi layar gadget apapun satu jam menjelang tidur, serta mengurangi konsumsi kafein.

Menghabiskan waktu dengan teman juga bisa memperpanjang umur otak
Menghabiskan waktu dengan teman juga bisa memperpanjang umur otak

Luangkan waktu untuk teman

Berkumpul dengan teman-teman dan hangout bersama juga bisa meningkatkan fungsi kognitif, lho. Menurut sebuah studi dari Harvard School of Public Health, orang yang lebih aktif dalam kegiatan sosial cenderung takkan mudah mengalami penurunan daya ingat.

Atasi stres dengan baik

Stres merupakan salah satu musuh yang paling “jahat” bagi otak. Stres kronis bisa merusak sel otak dan bahkan menyebabkan penurunan daya ingat. Untuk mengelola stres, Anda bisa belajar berkata tidak, beristirahat di sela-sela kesibukan, serta mengekspresikan perasaan Anda.

Banyak tertawa

Tertawa memang merupakan obat yang paling murah dan mujarab. Tak hanya menyehatkan, tertawa juga bisa meningkatkan daya ingat. Anda bisa lebih sering tertawa tentang diri sendiri dan berhenti terlalu serius, serta menghabiskan waktu dengan orang-orang yang hangat dan ceria.

Nah, selain tips-tips di atas, Anda juga bisa lebih banyak mengonsumsi makanan yang baik untuk otak, terutama makanan yang banyak mengandung omega-3 seperti ikan salmon dan tuna. Be the healthier you and make take care of your brain well, B’timers. (md)

Share This Article