Ssst, 2 Artis Indonesia Ini Adalah Transseksual dan Transgender | Breaktime
Ssst, 2 Artis Indonesia Ini Adalah Transseksual dan Transgender
19.06.2015

Selama ini istilah transgender dan transeksual sering kali overlapping satu-sama lain. Tak heran bila masih banyak orang sering kebingungan membedakannya dan akhirnya menyamakan kedua istilah tersebut. Padahal, ada perbedaan yang sangat besar di antara keduanya.

Transgender adalah orang-orang yang berperilaku berlawanan dengan jenis kelamin yang dimiliki. Seperti seseorang dengan anatomi tubuh pria yang berperilaku sebagai wanita, atau sebaliknya. Namun, orang dalam kalangan ini biasanya tidak perlu melakukan operasi.
Sementara itu, transseksual adalah orang yang merasa bahwa perilakunya tidak sesuai dengan jenis kelamin yang dimiliki sehingga kelompok ini kerap merasa bahwa mereka “terperangkap” dalam tubuh yang salah. Mereka ingin menjalani hidup sepenuhnya sebagai seorang pria atau wanita dan karenanya rela melakukan operasi.

Lalu siapa sajakah tokoh Indonesia yang sejatinya adalah transseksual?

Dena Rachman

Ssst, 2 Artis Indonesia Ini Adalah Transseksual dan Transgender

Ya, sosok cantik ini awalnya adalah seorang pria yang terlahir dengan nama Renaldy Denada Rachman. Sebelum memutuskan menjadi transseksual, alumni FISIP UI angkatan 2005 ini kerap datang ke kampus dengan mengenakan skinny jeans, kaus, ataupun kemeja dengan motif feminin yang dipadu dengan sepatu flat.

Baru di bulan Oktober 2014, ia memutuskan melakukan operasi pada bagian payudara dan agar tampilannya lebih feminin. Wanita yang juga mendapatkan gelar MBA dari Italia ini sekarang pun dikabarkan telah memiliki seorang kekasih.

Selain transseksual, ada juga tokoh hiburan tanah air yang merupakan transgender tanpa melakukan  operasi kelamin, lho. Siapa dia?

Tata Liem

Ssst, 2 Artis Indonesia Ini Adalah Transseksual dan Transgender

Pria yang berprofesi sebagai manajer artis ini memang kerap dijumpai berdandan feminin. Bahkan, ia pernah mengaku menyimpan rasa pada sesama pria. Perasaan tersebut mulai dirasakannya ketika ia duduk di bangku SD kelas 6.

Kemudian, ia dimarahi oleh keluarganya dan dikirim belajar ke Jakarta. Ternyata, sisi “keayuan” pria berbadan kekar yang memiliki nama asli Tatalim Nasution ini justru makin berkembang dan terbukti dengan dandanannya yang semakin feminin.

Selain Dena Rachman dan Tata Liem, masih banyak lagi sosok transseksual dan transgender di tanah air yang mungkin belum B’timers tahu. Nah, bagaimanakah pandangan B’timers terhadap mereka saat ini?

Share This Article