Solusi Atasi Kulit Terbakar Akibat Curling Iron | Breaktime
Solusi Atasi Kulit Terbakar Akibat Curling Iron
16.12.2015

B’timers pasti ingin rambut selalu indah dan menawan sepanjang hari. Berbagai perawatan rambut akan dijalani, mulai dari yang standar dengan mencuci rambut secara rutin hingga menggunakan catokan. Rambut yang bergelombang selalu bisa memberikan kesan yang fresh dan seksi. Sayangnya kadang B’timers lupa meletakkan curling iron dalam keadaan panas sehingga tidak sengaja tersentuh tangan atau tersentuh kulit kepala Anda. Kalau hal ini terjadi pada Anda, jangan panik terlebih dahulu, B’timers. Pelajari dulu solusi mengobati kulit yang terkena luka bakar berikut ini:

Tutup luka bakar dengan handuk basah

Solusi Atasi Kulit Terbakar Akibat Curling Iron | Breaktime
Handuk basah jadi pertolongan pertama luka bakar

Pengobatan pertama untuk luka bakar adalah dengan mengompres luka menggunakan handuk yang sudah direndam air dingin. Hindari menempelkan es atau mengucurkan air keran di area luka bakar. Jika B’timers menempelkan es di area luka bakar, kulit akan menempel dan menyebabkan mudah tekelupas. Hal ini justru akan memperparah luka bakar.

Beri treatment yang lengkap

Solusi Atasi Kulit Terbakar Akibat Curling Iron | Breaktime
Jangan dikelupas dulu kulitnya!

Pengobatan selanjutnya tentunya dengan diberi obat, biasanya berupa gel. B’timers bisa konsultasi ke dokter atau bertanya ke apoteker mengenai gel yang pas untuk luka bakar Anda. Oleskan secara rutin di area kulit yang terbakar. Kulit yang terbakar cenderung akan menggelembung dan berisi air. Karena kulit tipis dan mudah pecah apabila bersentuhan dengan benda keras maka sebaiknya Anda menutupi area luka bakar dengan kasa. Selain menjaga dari sentuhan luar, kasa juga membantu untuk menjaga dari bakteri yang bertebaran. Hindari mengelupas kulit yang belum kering sempurna, karena akan menimbulkan bekas di kulit Anda dan pengobatan menjadi lebih lama.

Lanjutkan treatment hingga sembuh

Solusi Atasi Kulit Terbakar Akibat Curling Iron | Breaktime
Olesi dengan gel secara rutin ya!

B’timers harus bisa sabar dan telaten mengobati luka bakar. Olesi dengan gel penghilang rasa sakit secara rutin setelah mandi, jangan lupa mengganti kasa dengan yang baru. Untuk luka bakar di area yang sering terpapar sinar matahari, Anda bisa rutin menggunaan sunscreen agar kulit tak belang.

Biasanya nih, luka bakar yang dihasilkan oleh catokan atau curling iron masih tidak terlalu dalam mengenai kulit Anda. Lukanya bisa disembuhkan dalam waktu tiga hingga tujuh hari. Namun, bukan berarti Anda tenang-tenang saja dan tidak melakukan tindakan pengobatan. Luka bakar bisa sangat menyakiti di dalam kulit akibat sel kulit Anda mengerut dan mati. Kalau dibiarkan, Anda akan mengalami luka yang lebih dalam hingga menimbulkan pembengkakan di area luka bakar. Makanya, lakukan perwatan yang tepat, ya! (ft)

Share This Article