Simak Cara Mengatasi Alergi Makanan Ini | Breaktime
Simak Cara Mengatasi Alergi Makanan Ini
07.11.2016

Adakah cara mengatasi alergi, terutama alergi makanan yang tepat?- Pertanyaan tersebut tentunya melintas di benak Anda saat Anda atau anggota keluarga Anda mengidap alergi. Alergi makanan memang sangat mengganggu. Sedikit saja Anda terpapar zat alergen di dalam makanan tersebut, maka secara otomatis tubuh Anda akan bertingkah dan membuat Anda bersin-bersin, gatal-gatal, diare, serta reaksi alergi yang lain.

Akan tetapi sebelum Anda melompat ke bagian cara mengatasi alergi, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apakah alergi itu dan apakah yang terjadi di dalam tubuh Anda saat alergi menyerang.  Seperti yang mungkin telah Anda ketahui, alergi makanan muncul sebagai reaksi akibat masuknya zat-zat alergen ke dalam tubuh.

Baca juga: http://breaktime.co.id/health/healthy-and-happy/intoleransi-laktosa-dan-alergi-susu-sudah-tahu.html

Hal tersebut dipicu karena zat antibodi dalam tubuh keliru dalam merespons zat protein yang masuk ke dalam tubuh sebagai sebuah ancaman sehingga zat tersebut mengeluarkan senyawa zat immunoglobin E, zat immunoglobin non E, dan kombinasi antara kedua zat tersebut. Dan pada saat Anda mengkonsumsi kembali makanan yang mengandung zat alergen, sistem antibodi tubuh Anda akan dengan segera mengenali zat tersebut dan merangsang keluarnya zat Histamin yang menimbulkan reaksi alergi.  

Simak Cara Mengatasi Alergi Makanan Ini | Breaktime
Selalu jaga kebersihan tangan

Gejala yang umum terlihat dari penderita alergi adalah gatal-gatal, diare, serta timbulnya ruam-ruam merah yang tidak hanya gatal tetapi juga terasa panas. Akan tetapi, tiap orang memiliki reaksi-reaksi dan jangka waktu alergi yang berbeda bergantung pada jenis zat antibodi yang bereaksi, gejala-gejala alergi yang lain di antaranya adalah:

  • Area kelamin dan anus tampak berwarna kemerahan
  • Sembelit
  • Nyeri Ulu Hati
  • Adanya lendir atau darah pada kotoran
  • Kulit pucat
  • Rewel pada bayi
  • Muntah
  • Hidung tersumbat
  • Gangguan pernapasan

Walaupun pada umumnya alergi makanan dapat menghilang dengan sendirinya, ada baiknya Anda tidak terlalu meremehkan reaksi alergi tersebut, terutama apabila hal tersebut terjadi secara terus menerus. Alergi yang dibiarkan secara terus menerus dapat berubah menjadi reaksi alergi parah (anafilaksis). Penderita dari anafilaksis bisa jadi menderita gejala alergi seperti biasa, namun reaksi tersebut dapat meningkat secara drastis dengan gejala meningkatnya kecepatan detak jantung sehingga membuat si penderita mengalami kesulitan bernapas diiringi dengan penurunan tekanan darah yang mengakibatkan si penderita kehilangan kesadaran. Anafilaksis adalah reaksi alergi yang sangat serius dan harus segera ditangani, karena jika tidak maka akan dapat merenggut nyawa Anda.

Alergi makanan (dan alergi yang lain) adalah suatu kondisi yang disebabkan sepenuhnya oleh faktor keturunan. Dengan kata lain, apabila Anda memiliki anggota keluarga atau silsilah di mana salah satu anggota keluarga mengidap alergi maka besar kemungkinan Anda juga mengidap alergi. Alergi pada umumnya sering terjadi di masa kanak-kanak, akan tetapi tidak jarang reaksi tersebut akan tetap terjadi walaupun Anda telah menginjak masa dewasa. Reaksi tersebut akan muncul setiap kali Anda mengkonsumsi makanan yang berprotein tinggi seperti susu dan olahannya, kacang-kacangan, dan makanan hewan laut seperti lobster, udang, ikan, cumi-cumi, dan lain sebagainya

Dan cara mengatasi alergi yang tepat adalah sebisa mungkin Anda harus mendeteksi dan menghindari makanan-makanan yang dapat memicu reaksi alergi tersebut. Obat alergi yang diberikan oleh dokter Anda adalah semata-mata untuk meredakan reaksi alergi yang muncul namun tidak menghentikan proses dari terbentuknya alergi itu sendiri. Obat yang pada umumnya dianjurkan oleh dokter adalah antihistamin yang berfungsi untuk meredakan reaksi gejala alergi ringan dan menengah, dan obat yang mengandung zat adrenalin yang berfungsi untuk memperlebar saluran pernapasan dan meningkatkan tekanan darah yang rendah bagi penderita anafilaksis. (dkp)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE