5 Langkah Pemulihan Pasca Operasi Caesar! | Breaktime
Simak, 5 Langkah Pemulihan Pasca Operasi Caesar Berikut!
10.07.2016

Melahirkan buah hati memang menjadi hadiah terbesar bagi ibu. Ya, setelah melahirkan wanita merasa telah sempurna sebagai seorang istri. Semua wanita pasti ingin melahirkan secara normal, namun apa jadinya jika ada beberapa faktor yang menghalangi? Operasi caesar-lah jalannya. Nah, berikut 5 langkah pemulihan pasca operasi caesar untuk Anda dan ibu modern lainnya, B’timers!

Gerakkan kaki dan berjalan ringan

Rasa sakit setelah operasi caesar membuat para ibu pesimis bisa kembali berjalan. Bahkan bergerak saja rasanya sudah sangat sakit. Memang membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan mereka yang melahirkan secara normal. Namun Anda bisa berlatih menggerakkan kaki dan berjalan ringan lebih dulu.

Belajar kelola emosi Anda dengan baik

Tidak dapat diabaikan, bahwa perasaan dan emosi ibu yang melalui operasi caesar biasanya cenderung lebih memiliki perasaan dan pikiran negatif, B’timers. Karena itu, belajarlah untuk mengelola emosi yang Anda rasakan dengan baik. Minta pasangan untuk memberikan dukungan dan bantuan yang penting.

5 Langkah Pemulihan Pasca Operasi Caesar! | Breaktime
MInta pasangan menemani proses operasi, ya, B’timers

Hindari berhubungan seksual setelahnya

Salah satu cara merawat luka bekas sayatan pembedahan dan termasuk dari 5 langkah pemulihan pasca operasi caesar adalah menghindari berhubungan seksual selama setidaknya 4 hingga 6 minggu setelah operasi. Ganti perban setiap hari dan pastikan tangan orang yang membantu dalam kondisi bersih.

Perhatikan waktu istirahat di malam hari

Tak hanya bayi Anda yang membutuhkan waktu istirahat yang cukup, B’timers. Sebaiknya Anda juga meluangkan waktu, termasuk di siang hari untuk beristirahat. Usahakan untuk tidur setidaknya selama 7 sampai 8 jam. Ini sangat membantu mempercepat proses penyembuhan luka bedah Anda, lho, B’timers.

Kenali beberapa tanda bahaya yang ada

Infeksi memang hal yang bisa terjadi, meskipun Anda sudah mendapatkan antibiotik, B’timers. Jika Anda merasa tidak enak badan selama seminggu atau lebih setelah operasi, segera hubungi dokter. Beberapa tandanya adalah demam, luka membengkak, nyeri pada sayatan, ada nanah atau pendarahan hebat.

Sebaiknya perhatikan 5 langkah pemulihan pasca operasi caesar untuk mendapatkan kesembuhan yang sempurna, ya, B’timers? (NO)

Baca juga : Awas! 4 Penyakit Tulang Ini Jarang Diketahui!

Share This Article