Siklus Mens Tidak Teratur | Breaktime
Siklus Mens Tidak Teratur, Bisa Jadi Ini Penyebabnya!
30.11.2015

Siklus menstruasi yang tidak teratur atau mendadak berhenti bisa dikaitkan dengan kehamilan ataupun kondisi hormone pengatur siklus mens yang belum seimbang. Namun, tak sedikit pula yang mengalami siklus abnormal karena adanya masalah pada kesehatan.

Penyebab

Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan siklus abnormal, yaitu:

  • Eating disorder dan berat badan

Gangguan perilaku makan seperti anoreksia dan bulimia bisa menjadi salah satunya penyebab gangguan siklus mesn karena rendahnya hormon estrogen. Begitu pula dengan berat badan berlebih atau obesitas yang dapat mengganggu keseimbangan hormone dalam tubuh.

  • Olahraga atau latihan berat

Tak jarang siklus haid para atlet wanita mendadak berhenti begitu saja karena olahraga dan latihan yang dilakukannya. Masalah ini terutama disebabkan oleh minimnya kadar lemak tubuh yang dibutuhkan oleh hormon.

  • Stres

Kondisi mental atau kejiwaan seseorang akan mempengaruhi organ-organ dalam tubuhnya. Ini juga dapat menganggu keseimbangan hormon, sehingga kadarnya berlebih ataupun kurang.

Siklus Mens Tidak Teratur | Breaktime
Saat menyusui, siklus mentruasi bisa saja berubah-ubah
  • Menyusui

Tidak sedikit wanita yang mendapatkan menstruasinya dengan tidak teratur ketika mereka masih menyusui. Tapi, begitu proses menyusui selesai, biasanya siklus mens akan normal kembali.

  • Obat-obatan

Beberapa obat-obatan yang digunakan untuk keperluan medis juga dapat mengganggu siklus menstruasi Anda. Wanita yang meminum pil atau mendapatkan injeksi penunda kehamilan, umumnya tidak mendapat menstruasinya secara teratur bahkan tidak menstruasi sama sekali.

  • Masalah hormon dan penyakit

Seperti yang kita tahu, menstruasi dapat terjadi karena adanya hormone, masalah pada hormon, terutama yang disebabkan penyakit, akan mengganggu siklus menstruasi.

  • Masalah pada organ panggul

Beberapa masalah kewanitaan, seperti selaput dara imperforata, sindrom ovarium polikistik atau sindrom Asherman juga bisa menjadi penyebab siklus mens abnormal.

Waktunya menghubungi dokter

Siklus Mens Tidak Teratur | Breaktime
Segera hubungi dokter jika Anda tidak menstruasi selama lebih dari 3 bulan

Meskipun beberapa penyebab siklus abnormal menstruasi adalah hal yang wajar dan sering terjadi, namun, Anda harus segera berkonsultasi ke dokter jika menemui kondisi berikut:

  1. Tidak menstruasi selama lebih dari 90 hari, padahal Anda tidak hamil dan tidak menggunakan obat/alat penunda kehamilan.
  2. Siklus menstruasi tiba-tiba menjadi tidak menentu, pdahal sebelumnya lancar dan tak ada masalah.
  3. Darah yang Anda keluarkan lebih banyak dari biasanya, bahkan harus mengganti pembalut setiap dua jam.
  4. Merasakan sakit saat menstruasi, baik di daerah perut maupun bagian tubuh lainnya.
  5. Mengalami demam setelah menggunakan tampon.
  6. Mengalami pendarahan setelah berhubungan seksual.
  7. Pertumbuhan rambut yang abnormal, jerawat di bagian tertentu, atau perubahan pada putting susu.

Siklus mens yang tidak teratur memang terlihat sederhana, tapi berkonsultasi pada dokter bisa menjadi penanganan yang tepat jika ternyata ada masalah pada tubuh Anda. (dfr)

Share This Article