Siapakah Penemu Vaksin Influenza? | Breaktime
Siapakah Penemu Vaksin Influenza?
11.05.2015

Sakit itu memang mahal harganya. Sebab, kalau sudah terserang penyakit, maka kita akan sulit untuk melakukan berbagai aktivitas dan tubuh rasanya lemas tak berdaya. Jika sakit itu mahal, maka kesehatan itu tidak ternilai, B’timers. Karena itulah, kita harus mencintai diri sendiri dan selalu menjaga kesehatan dengan baik.

Namun sayang, banyak dari kita yang masih kurang menyadari betapa pentingnya kesehatan, sehingga terlupa untuk memperhatikan kebersihan serta kesehatan. Kalau sudah sakit dan sulit beraktvitas, barulah kita sadar bahwa kesehatan memegang peranan vital dalam keseharian kita.  Nah, apalagi di musim hujan yang cuacanya tak menentu seperti ini. Virus dan bakteri dapat lebih cepat menular, terutama jika kita tidak berhati-hati.

Ada banyak sekali penyakit yang biasa menyerang di musim hujan begini, seperti masuk angin serta influenza. But thanks to the scientists, sudah sejak lama ditemukan obat yang bisa mengatasi penyakit-penyakit ini. Bicara tentang penemuan obat, tahukah B’timers siapa yang pertama kali menemukan vaksin untuk influenza? Sudah yakin dengan jawaban Anda?

Sakit influenza bisa menyerang siapa saja dan di mana saja.
Sakit influenza bisa menyerang siapa saja dan di mana saja.

Benar sekali, penemu vaksin influenza adalah Thomas Francis. Bersama dengan Jonas Salk, mereka berhasil menemukan bakteri bernama Haemophilius yang menjadi penyebab flu pada tahun 1933. Pada 1938 mereka menciptakan vaksin pertama untuk melawan virus flu tersebut. Vaksin flu ini kemudian digunakan untuk melindungi pasukan bersenjata A.S. dari influenza pada masa Perang Dunia II.

Jika Thomas Francis adalah penemu vaksin influenza, ahli medis lainnya Benjamin Waterhouse adalah dokter pertama yang menguji vaksin cacar di Amerika. Ia mengujikan vaksin ini untuk pertama kalinya kepada keluarganya sendiri. Dokter Benjamin Waterhouse sekaligus merupakan seorang ahli fisika dan profesor di Harvard Medical School.

Back to the flu vaccine, sudah seharusnya kita sangat berterima kasih kepada Thomas Francis dan Jonas Salk yang sudah berhasil menemukan vaksin penyakit ini, ya. Hingga sekarang kita bisa mengatasi penyakit influenza dengan obat-obatan yang lahir dari penemuan vaksin tersebut, B’timers.

Share This Article