Sering Tidur Setelah Makan? Awas Stroke dan Jantung Koroner! | Breaktime
Sering Tidur Setelah Makan? Awas Stroke dan Jantung Koroner!
22.05.2015

Saat kecil, B’timers pasti pernah dimarahi oleh orang tua bila tidur begitu selesai makan, bukan? Well, larangan orang tua ini memang ada benarnya, lho. Tidur setelah makan sangat berisiko untuk mendatangkan gangguan kesehatan tubuh.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Cristina-Maria Kastorini, MSc, seorang nutrionist di University of Ioannina Medical School, Yunani, menyebutkan bahwa tidur setelah makan dapat memicu penyakit stroke. Namun, bila Anda menunggu paling tidak dua puluh menit setelah makan untuk beranjak tidur, risiko stroke ini akan menurun sebanyak 10%.

Penelitian ini melibatkan 500 orang sehat yang mana 250 di antaranya pernah mengalami stroke dan sisanya pernah mengalami gejala penyakit jantung koroner akut. Gejala jantung koroner akut umumnya memiliki kesamaan dengan gejala penyakit jantung yang mana dada terasa sesak dan nyeri karena terjadi penurunan aliran darah yang mengakibatkan penyumbatan arteri.

Tinggalkan kebiasaan makan terlalu banyak yang mengakibatkan mengantuk
Tinggalkan kebiasaan makan terlalu banyak yang mengakibatkan mengantuk

Sementara itu, stroke juga memiliki gejala yang lebih drastis dibandingkan dengan jantung koroner. Umumnya, penderita akan mengalami pandangan kabur, susah bicara, wajah menjadi asimetris, dan salah satu lengan atau kaki akan terasa mendadak mati rasa.

Well, Breaktime bets none of you wish to get those diseases, right? Oleh karena itu, seberapapun mengantuknya Anda usai makan, cobalah untuk menunggu beberapa saat sebelum terlelap di tempat tidur.

Masih dalam penelitian yang sama, studi yang dilakukan Cristina-Maria Kastorini juga mengungkap bahwa orang yang menunggu selama 60 menit untuk tidur setelah selesai makan akan memiliki peluang terbebas dari stroke setidaknya sebanyak 66%. Sementara orang yang memilih untuk tidur setelah jarak 70 menit usai makan akan memiliki peluang 76% bebas dari stroke.

Nah, mulai sekarang, atur kembali jarak waktu makan dan tidur Anda, ya! Bila B’timers tak ingin mudah mengantuk saat tidur, upayakan untuk tak mengonsumsi makanan terlalu banyak agar aliran darah tak hanya terpusat menuju sistem pencernaan, tapi tetap seimbang menuju otak dan organ tubuh lainnya yang menjadikan Anda tetap terjaga.

Share This Article