Sering Terlambat Haid? Kenali 7 Penyebabnya! | Breaktime
Sering Terlambat Haid? Kenali 7 Penyebabnya!
14.05.2016

Sudah melewati tanggal menstruasi, namun si tamu tidak datang-datang juga. Untuk Anda yang sudah berumah tangga mungkin berpikiran ada nyawa kedua dalam badan. Namun, bagi Anda yang belum menikah dan tidak pernah berhubungan badan mungkin akan kebingungan mengapa haid bisa terlambat. Nah, daripada ketakutan tidak jelas, baca penyebab haid terlambat berikut ini.

Stres

Perlu Anda ketahui bahwa siklus menstruasi diatur oleh sebuah hormon yang disebut hipotalamus. Nah, hipotalamus juga sangat terpengaruh oleh adanya stres. Perasaan stres bisa menghambat hipotalamus menurunkan haid meski sudah memasuki tanggalnya.

Sering Terlambat Haid? Kenali 7 Penyebabnya! | Breaktime
Olahraga untuk menghindari stres

Tiroid yang tidak teratur

Kelenjar tiroid yang berada di leher Anda berfungsi untuk mengatur metabolisme. Semantara itu, metabolisme juga berpengaruh pada lancar tidaknya siklus menstruasi Anda datang di tanggal yang tepat. Anda patut mencurigai kemungkinan tiroid yang bermasalah jika haid sering terlambat.

Polycystic Ovary Symptom (PCOS)

Ini mungkin penyebab haid terlambat yang sedikit membuat Anda ngeri. Faktanya, beberapa kasus terlambat menstruasi disebabkan karena PCOS, sebuah gejala ketidakseimbangan hormon yang datang untuk mengurangi ovulasi. Ini menyebabkan kadar estrogen, progesteron dan testosteron berubah. Masalah inilah yang membuat Anda kemungkinan mengalami menstruasi yang tidak teratur atau tidak menstruasi lagi sama sekali.

Adanya penyakit kronis

Tak bisa dipungkiri, lancar tidaknya menstruasi Anda juga bergantung pada kondisi kesehatan. Kenali apakah Anda benar-benar sehat saat haid terlambat. Siapa tahu ada penyakit kronis yang menyambangi tubuh Anda, B’timers.

Sering Terlambat Haid? Kenali 7 Penyebabnya! | Breaktime
Pil KB normal menghambat menstruasi

Pengaruh Pil KB

Anda sudah menikah dan mengonsumsi pil KB, B’timers? hal itu juga patut dicurigai sebagai penyebab menstruasi yang terlambat. Namun ini sangat normal tidak berbahaya. Keterlambatan akan normal kembali setelah Anda menghentikan mengonsumsi pil KB.

Menopause dini

Menopause sering ditandai dengan berhentinya siklus menstruasi. Nah, ini juga bisa terjadi meski usia Anda belum memasuki usia menopause. Pasalnya, kegagalan ovarium dini bisa saja terjadi jika Anda mengalami kelelahan dan stres berat dalam waktu yang panjang.

Jadi, sudah tahu apa saja penyebab haid terlambat selain hamil, bukan? Semoga informasi di atas bermanfaat dan menambah wawasan. (nap)

Share This Article