Kenali Gejala Kanker Usus yang Tidak Diduga Berikut | Breaktime
Sering Susah BAB? Waspadai Kanker Usus!
17.07.2015

Kanker usus atau kanker kolorektal disebabkan pertumbuhan abnormal sel yang mengakibatkan timbulnya tumor di usus besar (kolon) atau anus. Sel-sel abnormal tersebut bisa menyebar dan merusak jaringan lain, hal inilah yang disebut kanker. Meskipun kanker usus hanya menyerang sistem pencernaan, jika dibiarkan kanker ini bisa menyerang organ lain seperti jantung, paru-paru dan hati.

Gejala kanker usus

#1 Pendarahan

Jika terjadi pendarahan saat BAB, meskipun tidak banyak, Anda wajib mewaspadai kanker usus. Pendarahan diakibatkan karena gesekan pada permukaan usus yang ditumbuhi kanker. Bentuk feses pun akan sedikit berbeda, yaitu lebih tipis dan panjang.

#2 Anemia

Pendarahan ketika BAB dapat menyebabkan anemia. Akibatnya penderita akan lemas, mudah lelah, dan terlihat pucat.

#3 Penurunan Berat Badan

Waspadai penurunan berat badan secara drastis!
Waspadai penurunan berat badan secara drastis!

Seperti halnya penderita kanker lainnya, penderita kanker usus juga akan mengalami penurunan berat badan secara drastis.

#4 Konstipasi

Tumor yang tumbuh semakin membesar akan menutup jalur pencernaan, akibatnya pengeluaran feses pun akan terhambat, alhasil konstipasi pun terjadi.

#5 Nyeri pada perut hingga anus

Gejala lainnya adalah Anda akan sering merasakan nyeri, sakit dan inflamasi di area perut hingga pangkal anus.

Pencegahan kanker usus

Kanker memang bisa menyerang siapa saja, namun bagaimanapun mencegah lebih baik daripada mengobati. Tapi bagaimana caranya?

#1 Makanan Beserat

Biasakan mengonsumsi makanan berserat
Biasakan mengonsumsi makanan berserat

Makanan yang kaya serat akan meringankan pekerjaan usu dalam mencerna makanan. Anda bisa mengonsumsi buah sayur ataupun sereal gandum.

#2 Hindari alkohol dan rokok

Rokok dan alkohol adalah salah satu pemicu kanker. Bahkan kebanyakan penderita kanker adalah mereka yang merokok dan suka meminum alkohol.

#3 Olahraga

Jaga kesehatan dengan berolahraga
Jaga kesehatan dengan berolahraga

Kesehatan fisik, perlu Anda jaga dengan rutin berolahraga. Lakukan olahraga ringan seperti berenang atau bersepeda minimal dua jam per minggu.

Tubuh bebas penyakit dimulai dari kebiasaan sehat dan juga asupan makanan dengan nutrisi seimbang. Ayo, hidup sehat, B’timers!

Share This Article