Sering Sakit Lutut? Atasi dengan 3 Gerakan Ini! | Breaktime
Sering Sakit Lutut? Atasi dengan 3 Gerakan Ini!
26.02.2016

B’timers, Anda sering merasakan ngilu atau nyeri di bagian lutut hingga betis? Jika ya, mungkin Anda adalah orang yang selalu beraktivitas berat namun jarang olahraga. Sakit lutut ini tentunya sangat mengganggu kinerja sehari-hari, bukan? Untuk mengatasinya, Laurent William, seorang personal trainer di New York melakukan 3 gerakan yang bisa membantu menghilangkan sakit lutut Anda.

Wall Calf Strech

Sering Sakit Lutut? Atasi dengan 3 Gerakan Ini! | Breaktime
Berdiri mengahadap dinding

Gerakan ini dapat membantu meregangkan urat dan otot di betis. Caranya, berdiri dan dekatkan kaki dengan tembok. Angkat ujung telapak kaki namun biarkan tumit tetap menempel di lantai. Pastikan jari-jari kaki Anda menempel pada dinding. Lakukan penekanan ringan hingga otot betis terasa tertarik. Lakukan selama 5 detik dan ulangi 15 kali dengan kaki bergantian.

Calf smash dengan bola kasti

Sering Sakit Lutut? Atasi dengan 3 Gerakan Ini! | Breaktime
Selipkan bola kasti di antara lipatan lutut

Gerakan kedua, duduk di lantai dengan menarik atau menekuk kaki kanan Anda hingga tumit berdekatan dengan pantat. Selipkan bola kasti di antara betis dan paha. Lakukan gerakan menekan sambil mengganti posisi kaki hingga paha dan betis menempel  di lantai. Jika kaki Anda sudah terasa sesak, ganti dengan kaki kiri.

 Half-Kneel Hip and Quad Stretch

Sering Sakit Lutut? Atasi dengan 3 Gerakan Ini! | Breaktime
Gerakan ini juga mengatasi masalah otot pinggul

Menurut William, gerakan ini tidak hanya akan membantu mengatasi masalah lutut namun juga otot pinggul. Caranya, duduk dengan dengan satu lutut menempel di tanah dan kaki satunya membentuk sudut 90 derajat. Gunakan matras atau handuk untuk tumpuan lutut Anda agar tidak terasa sakit. Kemudan tarik kaki yang berlutut hingga tumit menyentuh pantat, atau bisa juga menggunakan bantuan bola yoga, kemudian kembali ke posisi semula. Lakukan pengulangan sebanyak 10-15 kali juga di kaki lainnya.
Nah, B’timers, jika Anda rajin melakukan gerakan ini setidaknya sekali dalam seminggu, masalah nyeri lutut yang Anda alami akan teratasi. Akan lebih baik lagi jika diimbangi dengan olahraga teratur dan sesekali melakukan peregangan sebelum beraktivitas berat. Selamat mencoba dan semoga lekas sembuh! (nap)

Share This Article