Sering Muncul Memar ‘Misterius’? Awas Leukimia! | Breaktime
Sering Muncul Memar ‘Misterius’? Awas Leukimia!
07.11.2015

Pernahkah B’timers menjumpai kondisi aneh pada kulit, khususnya pada daerah kaki, yaitu memar yang tak jelas dari mana asalnya atau kenapa penyebabnya?

Menurut William Nichols, M. D dari Mayo Clinic menyebutkan bahwa munculnya memar pada kaki secara tiba-tiba itu adalah suatu hal yang wajar dan setiap orang pasti mengalaminya. Memar tersebut berasal dari pembuluh darah kecil yang dinamakan kapiler yang posisinya sangat dekat dengan permukaan kulit mengalami kerusakan karena benturan, cedera atau hal lain.

Dikarenakan kerusakan ini, maka ada rembesan darah yang keluar dari pembuluh yang kemudian terlihat di permukaan kulit dan akan diserap kembali oleh tubuh beberapa saat kemudian. Pekat tidaknya memar yang terlihat tergantung seberapa besar darah yang keluar dari kapiler tersebut. Dan pada umumnya memar baru akan berwarna biru atau ungu, sedangkan yang sudah agak lama akan berwarna kuning pudar.

Seiring dengan bertambahnya usia, maka elastisitas dan kekuatan dinding kapiler mulai rapuh. Oleh karenanya, para orang-orang lanjut usia lebih sering mendapatkan memar tersebut di kaki mereka. 

Sering Muncul Memar ‘Misterius’? Awas Leukimia! | Breaktime
Memar ‘misterius’ di kaki adalah wajar, tapi menjadi hal yang tak wajar jika sering muncul

Walaupun wajar, akan tetapi B’timers atau orang-orang yang masih berusia muda perlu waspada juga jika memar itu sering muncul, bahkan di tempat-tempat yang tak lazim, seperti di beberapa bagian tangan atau jari. Sebab, menurut Cancer Treatment Center of America, hal tersebut bisa jadi merupakan tanda awal dari penyakit leukimia atau kanker darah.

Leukimia disebabkan oleh produksi sel darah putih yang berlebih, sedangkan produksi trombosit dan sel darah merah berkurang. Gejala yang sering ditemui pada penderita leukimia limfostik akut adalah terjadinya pendarahan, seperti mimisan, gusi berdarah dan mudah sekali mengalami memar.

Akan tetapi, walaupun B’timers sering mendapati memar, jika tidak disertai dengan terdapatnya bintik merah dan cokelat tua pada kulit, anemia, tubuh sering lemah dan denyut jantung cepat, gangguan para lambung sampai dengan berat badan menurun drastis dengan tiba-tiba, maka Anda tidak perlu khawatir menderita kanker darah.

Walaupun begitu, B’timers tetap perlu memeriksakan diri ke dokter spesialis untuk mengetahui informasi lebih lanjut tentang memar yang sering didapatkan. (das)

Share This Article