Sering Merasa Tubuh Mudah Lelah? Yuk Baca Disini | Breaktime
Sering Merasa Tubuh Mudah Lelah? Bisa Jadi Ini Penyebabnya!
05.01.2016

Bisa menjalankan aktivitas harian dengan normal adalah impian setiap orang. Apalagi tidak ada kendala di setiap kegiatan adalah sebuah anugerah yang jarang sekali diterima. Mengingat cobaan yang tidak diduga-duga selalu datang meskipun persiapan sudah dilakukan sebelumnya. Salah satu kendala adalah tiba-tiba merasa lelah.

Lelah adalah respon tubuh untuk mengingatkan B'timers agar beristirahat. Biasanya kita tidak menyadari bahwa kinerja tubuh sudah mencapai batas maksimum dan tetap memaksanya. Efeknya bisa fatal apabila dipaksakan. Bagi Anda yang belum tau mengapa tubuh sering merasa lelah, berikut beberapa penyebab serta cara memperbaikinya :

Sering Merasa Tubuh Mudah Lelah? Yuk Baca Disini | Breaktime
Kurang istirahat juga merupakan faktor mengapa seseorang sering lelah

1. Kurang air

70% tubuh manusia terdiri dari air, dan hampir semua bagian tubuh membutuhkan air dalam menjalankan prosesnya sehari-hari. Kekurangan air membuat beberapa bagian tubuh menghentikan kerjanya, sehingga tubuh tidak bekerja secara maksimal dan berujung pada kelelahan. Untuk mencegahnya, cukup minum air putih secara teratur minimal 2 liter sehari.

2. Kurang istirahat

Poin yang satu ini sudah jelas, B'timers. Tubuh membutuhkan setidaknya 8 jam istirahat agar proses pertumbuhan dan detoksinasi oleh organ penawar racun bisa berjalan lancar. Apabila porsi istirahat dikurangi, energi yang digunakan akan lebih besar sehingga tubuh cepat lelah. Untuk mengatasinya, Anda harus memenuhi kebutuhan tidur tubuh B'timers.

3. Junk food

Terlalu sering mengkonsumsi junk food juga berakibat buruk pada tubuh manusia. Kebanyakan junk food memperlambat sistem metabolisme tubuh. Selain itu, kadar gula yang tinggi pada junk food juga menimbulkan masalah pada konsumsi jangka panjangnya. Salah satu masalah tersebut adalah diabetes yang akan membuat manusia lebih cepat lelah. Untuk memperbaikinya, Anda dianjurkan untuk mengurangi junk food dan menggantinya dengan makanan yang sehat.

Itulah beberapa contoh hal-hal yang bisa membuat seseorang mudah lelah dan juga cara untuk mengatasinya. Selain memperbaikinya, alangkah baiknya Anda mengimbanginya dengan pola hidup sehat seperti olahraga. Olahraga akan membantu kualitas tidur Anda lebih baik dari sebelumnya. Selamat mencoba, B'timers. | WSU

Share This Article