Sering Merasa Lelah Berlebih? Awas Penyakit Ini! | BREAKTIME
Sering Merasa Lelah Berlebih? Awas Penyakit Ini!
16.04.2015

Pernahkan B’timers merasa sangat sulit berkonsentrasi dan cenderung mudah lelah ketika dihadapkan pada berbagai rutinitas? Rasa lelah ini dapat berupa mata yang rasanya selalu ingin terpejam dan energi tubuh yang menurun setiap saat. 

Bila Anda memang bekerja ekstra dibanding hari-hari sebelumnya, mungkin saja ini hanya sekadar kelelahan biasa. Namun, bagaimana bila keadaan ini kerap terjadi padahal Anda sudah istirahat dengan cukup dan tidak melakukan pekerjaan berat yang terlalu banyak? 

Nah, agaknya Anda harus mulai mewaspadai gejala tubuh lelah yang bisa saja mengindikasikan bahwa Anda sedang menderita penyakit tertentu. Berikut ini beberapa indikasi penyakit yang sering ditandai dengan rasa lelah berlebih:

Anemia

Selain merasa lelah, apakah B’timers juga sering merasa pusing, terlebih ketika bangun tidur atau bangkit dari posisi duduk? Well, bisa jadi Anda sedang mengalami anemia. Penyakit ini terjadi ketika jumlah sel darah merah sehat dalam tubuh mengalami penurunan. Solusinya, cobalah untuk mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi tinggi seperti bayam, kacang-kacangam, oatmeal,  sereal, daging sapi, maupun daging kalkun.

Flu

Nah, bila rasa lemas juga disertai dengan ketidaknyamanan pada bagian punggung, batuk, serta bersin-bersin, bisa jadi Anda tengah terserang flu. Penyakit ini memang terkesan sepele, tapi flu yang menyerang sampai ke paru-paru bisa mengakibatkan kematian, lho. 

Cobalah untuk mengonsumsi makanan yang akan mengembalikan sistem imunitas tubuh seperti sup kaldu ayam yang berisi buncis, wortel, dan telur puyuh. Ahli paru dari University of Nebraska Medical Center, Dr. Stephen Rennard, menuturkan bahwa kaldu ayam memiliki sifat anti-inflamasi serta meningkatkan rehidrasi dan nutrisi dalam tubuh.

Sering Merasa Lelah Berlebih? Awas Penyakit Ini! | BREAKTIME
Lelah berlebih merupakan salah satu gejala flu

Bronkitis

Bila akhir-akhir ini Anda mengalami batuk yang terus-menerus, nafas pendek, dan nyeri pada dada, waspadalah dengan penyakit bronkitis. Penyakit ini akan bertambah semakin parah ketika terjadi infeksi virus di dalam paru-paru. Segeralah melakukan medical check-up dengan melakukan foto rontgen. Selain itu, kurangi konsumsi makanan seperti gorengan dengan minyak jenuh yang justru dapat memicu batuk.

Jika lelah berlebih terus dirasakan dan tak kunjung mereda setelah beristirahat cukup, jangan ragu untuk segera melakukan pemeriksaan menyeluruh. Stay healthy and live longer, B’timers!

Share This Article