Sering Menahan Kencing? Awas Muncul Gejala Ini | Breaktime
Sering Menahan Kencing? Awas Muncul Gejala Ini
19.11.2017

Pergi ke kamar mandi untuk buang air adalah kebutuhan manusia yang sangat alami dan terjadi hampir setiap waktu. Makanya, B’timers memang perlu frekuensi tertentu dalam melakukannya, dalam arti secara rutin. Karena, memang tujuannya agar tubuh bisa membuang semua kelebihan serta limbah produk. Nah, sebaiknya Anda hati-hati dengan gejala sering menahan kencing.

Karena tanpa disadari, kebiasaan sering menahan kencing ini risikonya bisa sangat serius. Salah satu akibat menahan kencing ini adalah bisa menimbulkan infeksi berat pada saluran kemih. Jadi, bisa ada infeksi bakteri yang dapat mempengaruhi saluran kemih kita, kalau keseringan menahan kencing.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Ketahui Penyebab Kanker Payudara Pria

Penyebab hal tersebut terjadi adalah karena berdatangan kuman ke dalam urine yang berada terlalu lama di dalam kandung kemih. Seperti dilansir dari laman Steptohealth, kalau ini terus berlanjut, maka infeksinya bisa menyebar sampai ke ginjal. Akibatnya, akan terjadi kondisi yang lebih serius lagi.

Tidak menutup kemungkinan menahan kencing ini bisa memunculkan batu ginjal. Sejumlah orang memang rentan terhadap berkembangnya batu ginjal, sehingga perlu untuk benar-benar lebih memperhatikan dampak tersebut. Ini agar bisa mengantisipasi supaya tidak terjadi konsekuensi yang lebih buruk lagi.

Sering Menahan Kencing? Awas Muncul Gejala Ini | Breaktime
Terasa sakit adalah salah satu gejala sering menahan kencing

Terbentuknya batu ginjal adalah karena adanya kelebihan natrium atau kalsium. Kalau jumlah mineral tersebut tak dikeluarkan secara teratur lewat urine, akan timbul batu yang ingin berusaha meninggalkan tubuh lewat saluran kemih. Alhasil, kalau sudah terbentuk batu ini, adanya gerakan bisa menimbulkan rasa sakit yang sangat terasa.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Kabar Baik Mencegah Kanker Serviks Lebih Mudah

Lalu ada lagi gejala sering menahan kencing yang masalahnya lebih sering terjadi pada wanita. Biasa disebut dengan “cystitis”, ini berhubungan dengan peradangan yang terjadi pada dinding kandung kemih. Jika ini dialami seorang wanita, ada beberapa gejala yang dirasakan. Pertama, akan terasa nyeri di panggul. Terutama ketika buang air kecil, rasanya seperti nyeri dan terbakar.

Karena saat kencing jumlah urine yang keluar itu minimal, akhirnya membuat penderitanya jadi sering ke kamar mandi. Lalu, yang kedua adalah pembengkakan kandung kemih. Kalau dari rata-rata, kandung kemih bisa menyimpan sampai 15 ons cairan.

Kalau kita minum delapan gelas air dalam satu hari, maka kita mengonsumsi sekitar 64 ons cairan. Jadi, rata-rata kandung kemih bisa menyimpan cairan hingga seperempat dari seluruh air yang kita minum tiap hari. Tapi, lain cerita kalau Anda punya kebiasaan yang tidak baik seperti menahan kencing.

Sering Menahan Kencing? Awas Muncul Gejala Ini | Breaktime
Kalau sering minum air hati-hati gejala sering menahan kencing

Jadi begini, mungkin Anda terbiasa banyak minum dan teratur supaya tubuh tidak mengalami dehidrasi, serta menjaga kondisi ginjal supaya tetap baik. Namun, Anda tidak mengutamakan pergi ke kamar mandi buat mengeluarkan urine. Padahal, salah satu alasan paling utama minum air yang cukup tidak lain untuk membantu fungsi penting seperti membersihkan ginjal.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Sakit Pinggang Sebelah Kiri; Berbahayakah?

Begitulah, kalau suka menahan kencing memang bisa memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan. Tidak sedikit efek samping yang terjadi karena menahan kencing. Seperti merasakan nyeri ketika buang air besar. Lalu, mengalami demam, ini juga bisa terjadi karena kehadiran bakteri di dalam urine yang tak dikeluarkan dengan benar dari dalam tubuh.

Bahkan, efeknya juga bisa menimbulkan sakit perut, semakin menambah nyeri haid dan memunculkan kegelisahan. Waduh, kalau dipikir-pikir lagi, menyeramkan dan bahaya, ya, kebiasaan tidak suka ke kamar mandi itu. Karena itu B’timers, jangan sampai gejala sering menahan kencing itu jadi muncul gara-gara suka menunda ke kamar mandi. 



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE