Sering Makan di Luar? Waspadai Hipertensi! | Breaktime
Sering Makan di Luar? Waspadai Hipertensi!
03.05.2015

Memang enak makan di restoran atau cafe, bisa menikmati kuliner lezat sekaligus cuci mata, dan tak perlu repot-repot masak. Tapi hati-hati, terlalu sering makan di luar ternyata berpengaruh terhadap risiko hipertensi.

Menurut sebuah penelitian di bawah pengawasan Tazeen Jafar, seorang professor di Duke-NUS Graduate Medical School Singapore, sering makan di luar rumah dapat meningkatkan resiko terkena hipertensi. Dalam penelitian tersebut diambil subyek sebanyak 501 orang yang berusia 18 hingga 40 tahun dan bermukim di Singapura. 

Para peneliti mengumpulkan data mengenai tekanan darah, indeks masa tubuh, pola hidup (termasuk juga seberapa sering makan di luar rumah), dan juga intensitas olahahraga yag dilakukan. Hasilnya, orang-orang yang menderita hipertensi cenderung punya hobi makan di luar rumah dan tidak diimbangi dengan aktivitas fisik yang sesuai. 

Lakukan aktivitas fisik untuk mengurangi dampak buruk sering makan di luar
Lakukan aktivitas fisik untuk mengurangi dampak buruk sering makan di luar

Melihat hasil penelitian tersebut, B’timers harus mengurangi intensitas makan di luar rumah yang bisa dibilang merupakan kebiasaan yang tidak baik jika dilakukan terlalu sering. Anda tidak tahu bahan apa saja yang dimasukkan dan bagaimana kebersihan peralatan yang digunakan. 

Tapi kalau tak bisa mengurangi intensitas makan di restoran, sebaiknya imbangi dengan olahraga dan perbanyak konsumsi air putih untuk melarutkan lemak dalam makanan. Let’s eat right to stay fit, B’timers!

Share This Article