Sering Kembung? Waspadai Makanan Penyebabnya! | Breaktime
Sering Kembung? Waspadai Makanan Penyebabnya!
04.11.2015

Kembung bisa terjadi karena adanya masalah dalam proses pencernaan. Biasanya dipicu oleh akumulasi cairan atau produksi gas yang berlebihan dalam tubuh. Selain itu, cara tubuh menangani gas pun bisa memicu kembung. Oleh karena itu, pilih jenis makanan yang bisa mencegah terjadinya kembung seperti berikut ini:

Beras

Beras yang dimasak menjadi nasi sebelum dikonsumsi, dapat dicerna dengan baik dalam usus kecil. Makanan yang hanya dicerna sebagian oleh usus, dapat menyebabkan penumpukan gas yang memicu kembung.

Sering Kembung? Waspadai Makanan Penyebabnya! | Breaktime
Mengonsumsi pisang dapat menyeimbangkan kadar air dalam tubuh

Pisang

Kembung tak hanya disebabkan oleh penumpukan gas, tapi juga kadar natrium tinggi dalam tubuh. Untuk mengatasinya, pisang dengan kandungan kalium adalah yang terbaik. Kadar natrium dan kalium yang seimbang dalam tubuh akan menjaga keseimbangan air sehinga dapat mencegah terjadinya kembung.

Yogurt

Yogurt yang bekerja sebagai probiotik akan meningkatkan jumlah bakteri baik dalam pencernaan sehingga pencernaan semakin lancar. Pencernaan yang baik dan lancar merupakan langkah awal untuk mencegah kembung. Yogurt tanpa lemak atau rendah lemak adalah yang terbaik.

Teh herbal

Sebuah penelitian yang dilaksanakan oleh tim peneliti dari University’s Nerve-Gut Research Laboratory menemukan bahwa kandungan peppermint dalam teh herbal dapat mengaktifkan anti nyeri didalam usus yang dapat meringankan peradangan. Teh peppermint juga akan membantu saluran pencernaan kembali normal.

Sering Kembung? Waspadai Makanan Penyebabnya! | Breaktime
Teh peppermint efektif untuk meredakan kembung

Pepaya

Pepaya masak mengandung zat putih susu atau papain. Kandungan papain ini merupakan pencahar efektif yang bekerja dengan baik pada saluran cerna. Pepaya juga dapat membantu gerakan perut sehingga pencernaan lebih lancar.

Mentimun

Jika berbicara tentang mentimun, Anda pasti mengingat kandungan airnya yang tinggi. Ketika kembung, mentimun merupakan salah satu makanan baik yang bisa Anda pilih. Kandungan air yang tinggi dan rendah serat akan meningkatkan intensitas buang air kecil, sehingga Anda akan merasa lebih ramping.

Memilih makanan yang baik dan bernutrisi memang penting bagi tubuh kita. Tidak hanya untuk membantu tubuh bekerja optimal, makanan sehat juga dapat membantu tubuh mencegah penyakit, termasuk kembung. (dfr)

Share This Article