Sering Jet lag? Atasi dengan Teknik Baru Ini! | Breaktime
Sering Jet lag? Atasi dengan Teknik Baru Ini!
11.02.2016

Berpindah dari suatu lokasi ke lokasi lain memang menyenangkan, namun bagaimana jika B’timers harus berhadapan dengan jet lag? Ughh.. membayangkan Anda harus menyesuaikan jam tidur sembari merasakan sekujur tubuh sakit akibat perjalanan yang lama rasanya tentu tidak menyenangkan. Sekarang, Anda patut berbahagia karena ada metode pengobatan terbaru untuk mengatasi jet lag.

Cara baru atasi jet lag yang mengganggu

Peneliti dari Stanford University menemukan cara untuk mencegah terjadinya jet lag. Jamie Zaitzer, sebagai neurobiologis sekaligus ketua tim penelitian, mengembangkan pengobatan dengan cahaya singkat saat tidur untuk menyesuaikan perbedaan waktu antar lokasi.

Caranya cukup mudah, yaitu dengan duduk di depan cahaya lampu terang selama berjam-jam saat siang hari sebelum berpergian ke belahan negara lainnya. Anda juga bisa menerangi area mata selama Anda tidur. Hal ini dipercaya untuk mengubah jam tubuh B’timers agar sesuai dengan zona waktu lokasi tujuan.

Jet lag terjadi ketika pola tidur dan waktu terjaga Anda tidak sinkron dengan ritme circadian. Maka sebaiknya B’timers sering mendapatkan paparan sinar baik dari matahari ataupun cahaya lampu sebelum berangkat ke lokasi lain dengan zona waktu berbeda. 

Sering Jet lag? Atasi dengan Teknik Baru Ini! | Breaktime
Jet lag membuat pola tidur berubah dan menimbulkan rasa capek luar biasa

Ajaibnya sinar matahari yang bisa membantu

Sebenarnya tubuh sendiri memiliki obat untuk mengatasi jet lag, namun membutuhkan waktu satu hingga tiga hari untuk menyesuaikan. Nah, dengan treatment terbaru ini, Anda dapat memanipulasi otak Anda dengan mengeksploitasi struktur biologi dari mata menerima cahaya.

Zaitzer sangat yakin dengan penelitian yang sudah ditekuninya sejak tahun 2014 ini. Dengan meneliti waktu tidur dengan treatment dari 39 sukarelawan berumur 19-36 tahun, didapatkan hasil bahwa orang-orang yang mendapatkan treatment dengan flash, lebih cepat beradaptasi dengan zona waktu yang baru daripada yang mendapatkan cahaya terus menerus.

Hebatnya lagi, treatment menggunakan cahaya ini tidak hanya untuk B’timers yang gemar berkelana ke berbagai destinasi wisata saja. Anda yang memiliki shift jam kerja malam hari dan sering berganti-ganti jadwal, seperti perawat dan dokter jaga, juga bisa menggunakan pengobatan semacam ini untuk memperbaiki pola tidur yang tidak beraturan. Wah, B’timers tinggal menunggu perilisan pengobatan super kreatif ini, ya! (ft)

Share This Article