Sering Gunakan Laptop? Ini Bahayanya! | Breaktime
Sering Gunakan Laptop? Ini Bahayanya!
20.02.2016

Keberadaan laptop telah menggantikan komputer meja berukuran besar. Selain mendukung mobilitas tinggi penggunanya, laptop juga menjadi salah satu trend di kalangan pecinta gadget. Dilengkapi berbagai fitur menarik dan didukung dengan spesifikasi tinggi, rupanya penggunaan laptop dapat menyebabkan masalah bagi kesehatan. Apa saja ya, B’timers?

Sakit leher

Laptop, didesain dengan layar dan keyboard yang saling berdekatan untuk mempermudah penggunaan. Namun, desain ini merupakan salah satu kelemahan laptop yang dapat menyebabkan masalah kesehatan. Saat menggunakannya, terutama ketika mengetik, postur tubuh akan cenderung membungkuk dan memberi beban tambahan bagi tulang leher, sehingga terjadi sakit leher.

Kram bahu

Ketika sedang asyik dengan laptopnya, kebanyakan orang akan melupakan postur tubuh yang tepat dan cenderung mencari posisi nyaman untuk mengamati layarnya. Sayangnya, posisi yang dianggap nyaman, namun tidak baik ini dapat menyebabkan kram bahu akibat ketegangan otot yang terjadi ketika Anda tak memperhatikan postur.

Sering Gunakan Laptop? Ini Bahayanya! | Breaktime
Sakit leher dan kram bahu bisa terjadi karena penggunaan laptop

Masalah pada jari

Beberapa keyboard laptop memang memiliki desain yang apik dan mudah digunakan. Namun, beberapa lainnya, memiliki ukuran keyboard yang cukup kecil dan sempit untuk menghemat ruang. Ketika menggunakannya, posisi jari-jari seringkali tidak nyaman. Hal inilah yang kemudian menyebabkan masalah, seperti rasa capek dan pembengkakan.

Kelelahan mata

Lagi-lagi, jarak antara layar dan keyboard yang cukup dekat pada laptop dapat menyebabkan masalah bagi Anda. Kelelahan mata pada pengguna laptop lebih sering terjadi, daripada pada mereka yang menggunakan komputer meja. Gejala yang sering terjadi, di antaranya adalah mata merah, gatal, ataupun menjadi kabur saat memandang.

Sering Gunakan Laptop? Ini Bahayanya! | Breaktime
Istirahatkan mata ketika mulai lelah, B’timers

Masalah tulang belakang dan saraf

Laptop umumnya dipangku atau diletakkan di paha ketika digunakan. Dengan peletakan ini, pengguna cenderung membungkukkan badannya ketika asyik dengan laptop. Namun, membungkuk terlalu lama dapat menyebabkan terjadinya degenerasi tulang belakang akibat tekanan yang terjadi terus-menerus selama membungkuk.

Selain tulang belakang, membungkuk terlalu lama dapat menyebabkan iritasi pada saraf Anda. Akibatnya, akan terjadi radang sendi dan kerusakan saraf. Untuk itu, hindari membungkuk terlalu lama saat menggunakan laptop.

Luka karena ledakan

Baterai yang digunakan untuk laptop cenderung mudah panas dan mempengaruhi kenaikan suhu laptop. Sayangnya, kerap kali kita melupakan kenaikan suhu ini. Dalam kasus ringan, Anda mungkin hanya akan merasa tak nyaman. Namun, dalam kasus ekstrem, laptop bisa meledak dan menyebabkan luka parah.

Laptop tidak didesain untuk pekerjaan yang menghabiskan banyak waktu. Untuk itu, batasi penggunaan laptop dan gunakan komputer meja jika memungkinkan, ya, B’timers. (dfr)

Share This Article