Sering Batuk di Malam Hari? Ini Cara Atasinya | Breaktime
Sering Batuk di Malam Hari? Ini Cara Atasinya
22.02.2016

Batuk di malam hari sering B’timers anggap sebagai tanda akan flu atau sakit. Padahal penyebab sering batuk di malam hari tidak hanya itu, lho! Anda harus tahu berbagai penyebab B’timers mendadak batuk di malam hari serta cara menanganinya.

Ruangan terlalu kering

Sering Batuk di Malam Hari? Ini Cara Atasinya | Breaktime
Meletakkan humidifier dalam ruangan dapat membantu melembabkan udara

Ruangan yang tidak memiliki ventilasi udara yang cukup mampu mengiritasi area hidung dan tenggorokan B’timers. Tidak heran jika batuk Anda justru memburuk saat malam hari datang. B’timers bisa mengatasinya dengan meletakkan humidifier yang berfungsi untuk melembabkan udara dalam ruangan. Pastikan air yang B’timers gunakan steril dan terbebas dari bakteri penyebar virus penyakit.

Gaya gravitasi

Sering Batuk di Malam Hari? Ini Cara Atasinya | Breaktime
Tidur miring bisa menjadi solusi melawan gravitasi

Siapa sangka jika gaya gravitasi justru membuat B’timers sering batuk di malam hari? Saat Anda tidur dengan terlentang, gaya gravitasi akan menarik lendir seperti dahak dan ingus mulai mengumpul menutupi tenggorokan. Hal ini menyebabkan B’timers mudah tersedak dan batuk. Untuk mengatasinya, Anda bisa tidur miring dengan bantal sedikit menyangga kepala.

Mengontrol batuk malam

Sering Batuk di Malam Hari? Ini Cara Atasinya | Breaktime
Minum saat sore hari membantu dahak mencair dan mudah dikeluarkan

Batuk tidak sepenuhnya menyebalkan, lho! Lewat batuk, B’timers dibantu untuk membersihkan rongga tenggorokan dari dahak yang menggumpal. Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda lebih mahir dalam mengendalikan batuk di malam hari. Meminum air sebelum tidur membantu membasahi tenggorokan sehingga dahak mudah untuk dikeluarkan.

Jika B’timers merasa terlalu sering batuk di malam hari, tidak ada salahnya untuk berkunjung ke dokter untuk penanganan lebih lanjut. Anda juga bisa menanyakan obatnya ke pada apoteker. Mayoritas obat flu bisa digunakan untuk meredakan batuk. Penanganan yang cepat tentu akan membantu Anda untuk kembali beraktivitas dengan lancar. (ft)

Share This Article