Seperti Apa Cara Jaga Kesehatan Mata yang Baik? | Breaktime
Seperti Apa Cara Jaga Kesehatan Mata yang Baik?
17.02.2016

Mata merupakan jendela hati. Apa yang terpancar dari mata merupakan apa yang sebenarnya dikatakan oleh hati. Dan memiliki mata yang jernih dan sehat menjadi dambaan semua orang. Tapi sayangnya tidak semua orang memperhatikan kesehatan matanya. Bahkan ada pula yang karena gaya hidup yang tidak tepat semakin memperburuk kondisi mata mereka.

Nah, sebenarnya ada tidak cara jaga kesehatan mata agar tidak menyesal di kemudian hari? Tenang, B’timers, dengan tips sederhana berikut ini, Anda bisa menjaga kesehatan mata, kok.

1.Eat for good vision

Cara jaga kesehatan mata dimulai dengan apa yang Anda makan. Nutrisi seperti asam lemak Omega-3, lutein, zinc, dan vitamin C dan E dapat membantu menangkal masalah penglihatan yang berkaitan dengan usia. Resiko katarak dan degenerasi macula dapat diminimalisir dengan rutin mengonsumsi makanan yang baik untuk kesehatan mata.

Pilih sayuran berdaun hijau, ikan yang mengandung lemak, serta sumber protein non-daging lainnya. Dengan menu diet seimbang dapat membantu mempertahankan berat badan, sehingga Anda terhindar dari resiko diabetes  tipe-2. Karena disebutkan diabetes merupakan penyebab utama kebutaan pada orang dewasa.

2.Berhenti merokok

Rokok memang sejak lama memberikan efek buruk bagi kesehatan. Melalui kebiasaan merokok, ternyata dapat meningkatkan resiko katarak, kerusakan saraf optik, dan degenerasi macula. Jadi, jika Anda merupakan orang yang tidak bisa terlepas dari gulungan tembakau, mulai hentikan kebiasaan buruk ini, B’timers.

Seperti Apa Cara Jaga Kesehatan Mata yang Baik? | Breaktime
Merokok beresiko buruk bagi kesehatan mata

3.Wear sunglasses

Kacamata hitam yang tepat akan membantu melindungi mata dari paparan sinar ultraviolet (UV). Karena jika mata Anda terlalu sering terkena sinar UV, semakin tinggi pula resiko terkena katarak dan degenerasi macula.

Pilih kacamata hitam yang mampu menghalangi 99 % hingga 100 % sinar UVA dan UVB. Gunakan juga saat berkendara. Namun jika Anda memakai lensa kontak, pilih yang menawarkan perlindungan UV. Meskipun memang jauh lebih baik kacamata hitam, B’timers.

4.Use safety eyewear

Jika Anda bekerja dengan bahan kimia di kantor atau di rumah, usahakan selalu menggunakan kacamata pelindung. Bahkan pada beberapa cabang olahraga yang dapat menyebabkan cedera mata, memang mengenakan kacamata pelindung menjadi sebuah kewajiban.

Seperti Apa Cara Jaga Kesehatan Mata yang Baik? | Breaktime
Cahaya laptop juga bisa mengganggu kesehatan mata

Selain cara jaga kesehatan mata melalui diri sendiri, Anda tetap perlu rutin mengunjungi dokter mata. Hal ini dimaksudkan untuk mendeteksi ada tidaknya gangguan pada mata Anda, B’timers. (NO)

Share This Article