Sepele tapi Mematikan; Ini Gejala Stroke Ringan | Breaktime
Sepele tapi Mematikan; Ini Gejala Stroke Ringan
22.11.2017

Penyakit stroke adalah salah satu dari penyakit kardiovaskular setelah penyakit jantung yang paling mematikan. Dan secara otomatis, penyakit ini menjadi momok bagi manusia modern. Karena memang dampak dari stroke tidak hanya mati rasa atau lumpuh saja tapi juga dapat mengakibatkan kematian. Seseorang baru akan dinyatakan terserang stroke jika terjadi penyumbatan total di pembuluh darah, dan satu-satunya solusi adalah dengan melakukan tindakan operasi. Tapi sebenarnya, ada gejala stroke ringan yang seandainya terdiagnosis lebih awal maka tindakan pengobatan akan semakin cepat dilakukan.

Transient Ischemic Attack (TIA) adalah gejala stroke ringan yang sangat mirip dengan gejala stroke berat. Gejala tersebut meliputi rasa lemah atau mati rasa di satu sisi bagian tubuh Anda, seperti pada bagian wajah, lengan, atau kaki. Anda juga mengalami kebutaan atau penglihatan ganda pada salah satu atau kedua mata Anda. Rasa pusing yang hebat terjadi mendadak tanpa penyebab yang jelas, dan seringkali membuat Anda kehilangan keseimbangan. Kemampuan lisan Anda mendadak mengalami penurunan dan tak jarang Anda mengalami kesulitan untuk memahami perkataan orang lain.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Kenali Cara Mencegah Diabetes Saat Hamil

Gejala dari stroke ringan ini umumnya hanya terjadi selama beberapa menit, sebelum pada akhirnya akan mereda dengan sendirinya dalam waktu paling lambat 1 jam.Sehingga kebanyakan orang akan menganggapnya seperti angin lalu. Penyumbatan pembuluh darah akibat stroke ringan ini pun masih bersifat partial sehingga tidak sempat mengakibatkan kerusakan berarti pada organ dan jaringan tubuh Anda.

Padahal walaupun tidak menimbulkan dampak kesehatan yang fatal, stroke ringan tetap tidak boleh dianggap sepele. Terjadinya stroke ringan berarti proses penyumbatan pembuluh darah tengah terjadi di dalam arteri Anda. Kalau dibiarkan saja, maka sumbatan tersebut akan bertambah semakin besar sehingga mengakibatkan penyumbatan total. Bertambahnya penyumbatan pembuluh darah itu sendiri dipicu oleh beberapa faktor. 

Sepele tapi Mematikan; Ini Gejala Stroke Ringan | Breaktime
Periksakan diri jika muncul gejala stroke ringan

Faktor pertama adalah faktor genetik. Jika di dalam silsilah keluarga Anda ada anggota keluarga atau kerabat yang pernah mengalami TIA atau bahkan stroke, maka besar kemungkinan Anda akan terserang gejala stroke yang sama. Faktor “U” alias usia juga turut berkontribusi terhadap resiko Anda terserang stroke ringan. Bagi Anda yang berusia di atas 20 hingga 55 tahun awasilah gaya hidup Anda sendiri. Apabila Anda pernah mengalami TIA paling tidak sekali, maka resiko Anda terkena stroke akan meningkat sebanyak 10 kali lipat.

Faktor lain yang juga turut berpengaruh adalah faktor kondisi kesehatan. Penderita kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi sudah jelas memiliki resiko yang lebih tinggi untuk terserang stroke ringan, apalagi stroke berat. Penderita diabetes dan obesitas juga beresiko besar terserang stroke ringan karena deposit lemak kolesterol di dinding pembuluh darah arteri.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Ampuh! Ini Cara Mencegah Diabetes Secara Alami

Gaya hidup yang Anda lakukan selama ini juga bisa mengakibatkan Anda terserang stroke ringan lho. Pembentukan gumpalan darah yang menyumbat pembuluh darah disebabkan oleh kandungan nikotin yang terdapat di dalam rokok. Selain itu rokok juga dapat mengakibatkan peningkatan produksi lemak kolesterol jahat yang nantinya akan memperburuk penyumbatan pembuluh darah.

Apalagi jika Anda hampir tidak pernah berolahraga. Wajar saja sih jika Anda mager alias malas gerak, who doesn’t? Tapi kondisi tubuh yang pasif akan mengakibatkan tidak hanya penurunan daya tahan tubuh tapi juga mengakibatkan penumpukan lemak jahat yang bisa memperparah penyumbatan. Dan jika Anda termasuk peminum alkohol kelas berat, ada baiknya Anda mengurangi konsumsi alkohol maksimal 2 gelas perhari bagi pria, dan segelas perhari bagi perempuan.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Sering Menahan Kencing? Awas Muncul Gejala Ini

Dengan mengetahui gejala stroke ringan dan risk factors-nya, B’Timers  jadi bisa melakukan tindakan perawatan dan preventif untuk mencegah terjadinya stroke. Dan lagipula, mencegah lebih baik daripada mengobati. (dkp)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE