Sentuh Jari Jemari Bikin Lebih Sehat, Benarkah? | Breaktime
Sentuh Jari Jemari Bikin Lebih Sehat, Benarkah?
12.03.2016

Kesehatan fisik maupun mental dapat diraih melalui banyak cara seperti berolahraga dan melakukan meditasi secara rutin. Namun, apakah benar hanya dengan menyentuh jari jemari Anda mampu meningkatkan kesehatan fisik maupun mental Anda? Yes, dan Jin Shin Jyutsu merupakan seni penyembuhan yang mediasinya melalui menyentuh jari-jari tangan Anda.

The power of Jin Shin Jyutsu

Jin Shin Jyutsu ditemukan sudah sekitar 5000 tahun lalu dan sampai sekarang masih dipercaya keberadaannya. Seni penyembuhan ini didukung dengan penelitian yang dilakukan oleh pusat pengembangan kanker di The University of Kentucky. Riset tersebut menghasilkan bahwa pasien kanker yang diberikan terapi Jin Shin Jyutsu menunjukkan penurunan frekuensi stress, rasa sakit, hingga mual yang di derita.

Sentuh Jari Jemari Bikin Lebih Sehat, Benarkah? | Breaktime
Menyentuh jemari meningkatkan kesehatan mental dan fisik penderita kanker

Masih banyak penelitian lain yang mendukung adanya Jin Shin Jyutsu. Fakta yang mungkin B’timers dapat pahami adalah seluruh tubuh terhubung menjadi satu kesatuan. Sangat diwajarkan jika dengan menyentuh satu bagian tubuh, maka bagian yang lain akan memberikan reaksi. Kebanyakan sistem saraf tubuh terletak di bagian telapak tangan, sehingga memegangnya akan memberikan luapan energi positif ke organ vital.

Benefit touching your fingers

Jari B’timers memiliki lima bagian berbeda. Tentunya berbeda pula khasiat menyentuh masing-masing jari tersebut. Berikut adalah khasiat yang akan Anda dapatkan dengan menyentuh satu persatu jari berbeda.

1. Ibu jari

B’timers yang mengalami stress dan cemas akibat masalah di masa lalu, memegang ibu jari akan membantu Anda menenangkan diri dan menjamin kualitas tidur Anda lebih baik. Selain itu, ibu jari berhubungan dengan limpa dan perut sehingga memastikan sel darah tetap stabil dan sistem pencernaan berjalan lancar.

2. Jari telunjuk

B’timers yang takut menghadapi segala risiko di masa depan, hilangkan dengan memegang jari telunjuk Anda. Anda akan lebih tegar dan kuat menghadapi segala ketakutan yang menghantui. Karena jari telunjuk berhubungan dengan ginjal dan kandung kemih, memegang jari telunjuk mengurangi risiko terjadinya batu ginjal dan menjaga zat kimia serta air dalam tubuh tetap seimbang.

Sentuh Jari Jemari Bikin Lebih Sehat, Benarkah? | Breaktime
Jari telunjuk membantu Anda tetap tegar menatap masa depan cerah

3. Jari tengah

Jari tengah kerap disangkut pautkan dengan simbol kemarahan. B’timers yang mengalami tekanan berat dan marah akibat kondisi Anda sekarang, pegang jari tengah akan mengurangi pusing yang menempel di kepala Anda. Tidak hanya itu, memegang jari tengah juga mampu memberikan energi positif ke seluruh tubuh B’timers dan memperbaiki fungsi hati dan empedu menjadi lebih baik.

4. Jari manis

Jari manis memiliki khasiat yang hampir mirip dengan ibu jari yaitu menghilangkan aura negatif dan kesedihan. Jari manis juga terhubung dengan paru-paru sehingga meringankan B’timers dalam menarik napas dalam-dalam. Selain itu, memegang jari manis dapat meningkatkan kerja otot dan saraf tubuh Anda lebih maksimal.

Sentuh Jari Jemari Bikin Lebih Sehat, Benarkah? | Breaktime
Jari manis selalu menjadi simbol ikatan suci sebuah pernikahan

5. Jari kelingking

Untuk memiliki jantung yang lebih sehat, B’timers dapat memegang jari kelingking Anda. Selain memberikan jantung yang sehat, pembuluh darah akan dapat bekerja lebih maksimal dalam mengedarkan darah ke seluruh bagian tubuh. Seperti yang B’timers ketahui bahwa lancarnya peredaran darah berdampak pada tersalurkannya oksigen ke otak menjadi lebih baik.

6. Telapak

Pernah merasakan keterikatan kuat dengan salah seorang yang B’timers sering genggam telapaknya? Iya, memang benar adanya menyentuh telapak tangan orang lain mampu meningkatkan hubungan emosi satu sama lain. Diafragma dan sistem pusat pencernaan juga akan terbantu dengan adanya sentuhan di area telapak.

Sentuh Jari Jemari Bikin Lebih Sehat, Benarkah? | Breaktime
Ikatan kuat orang tua dan anak karena sering bertemu telapak tangan

Jadi, masih ragu tentang keberadaan sentuhan pada area jari jemari dan telapak tangan akan membawa dampak positif pada kesehatan B’timers? (ft)

Share This Article