Sensasi Berputar-putar! Kenali Penyebab Vertigo! | Breaktime
Sensasi Berputar-putar! Kenali Penyebab Vertigo!
22.04.2017

Sensasi berputar-putar yang dirasakan pada saat vertigo menyerang memang sangat mengganggu setiap penderitanya, B’timers. Perasaan tubuh menjadi tidak seimbang dengan keadaan di sekeliling berputar-putar atau bergoyang memang merupakan salah satu tanda yang dirasakan oleh penderita vertigo. Wah, jangan harap untuk bisa beraktivitas seperti biasaa saat vertigo menyerang, deh.

Sensasi Berputar-putar! Kenali Penyebab Vertigo! | Breaktime
Bahkan saat berbaring juga bisa terjadi serangan vertigo

Tetapi sayangnya tak semua orang mengenali tanda dari vertigo atau hanya sakit kepala biasa, B’timers. Nah, untuk tanda-tanda vertigo, boasanya Anda akan merasa tiba-tiba seperti sedang berputar-putar di saat Anda sedang duduk, berjalan ataupun hanya berdiri di tempat. Namun untuk sakit kepala biasa, ini rasanya hanya nyeri yang Anda rasakan pada salah satu bagian di kepala.

Well, sebenarnya apakah penyebab vertigo yang mengganggu itu, B’timers?

Baca juga: INI CARA CEPAT TURUNKAN KOLESTEROL DENGAN ALAMI!

Vertigo adalah salah satu jenis pusing yang ditandai dengan sensasi yang dirasakan seolah di mana Anda sedang berputar-putar ataupun dunia di sekitar Anda yang berputar. Perasaan pusing dan gejala vertigo memang bisa datang dan pergi sesaat. Namun sangat mungkin perasaan pusing bertahan selama hingga berjam-jam. Bahkan ada penderita yang mengalami vertigo hingga berhari-hari lamanya.

Seiring dengan intensitas serangan vertigo yang mengganggu, biasanya penderita juga akan mengalami mual hingga muntah, sakit kepala, pengelihatan ganda dan biasanya disertai dengan detak jantung yang cukup kencang, B’timers. Dan tidak heran jika penderita vertigo mengalami serangan vertigo, mereka akan memutuskan untuk segera masuk ke ruang gawat darurat.

Sensasi Berputar-putar! Kenali Penyebab Vertigo! | Breaktime
Biasanya penderita sulit membedakan pusing dengan vertigo

Menurut Marlan Hansen, seorang profesor otolaryngology dari University of Iowa Hospitals and Clinics, kebanyakan pasien yang mengira mereka mengalami serangan vertigo,s ebenarnya hanyalah mengalami pusing atau sakit kepala ringan, B’timers. Untuk itulah, sebaiknya Anda mengenali seperti apa penyebab dari vertigo dan juga gejala-gejalanya agar tidak salah mengira vertigo dengan sakit kepala.

Baca juga: BISUL DI KETIAK, APA PENYEBAB DAN SOLUSINYA?

Apa sebenarnya yang menjadi penyebab dari timbulnya serangan vertigo, sih, B’timers? Penyebab yang paling umum dari vertigo adalah adanya infeksi telinga bagian dalam. Sementara untuk vertigo ringan atau benign paroxysmal positional vertigo alias BPPV, disebabkan oleh penyakit pada telinga, misalnya seperti neuritis vestibular hingga penyakit Meniere.

Sensasi Berputar-putar! Kenali Penyebab Vertigo! | Breaktime
Dunia yang berputar-putar atau Anda yang sedang berputad?

BPPV biasanya terjadi apabila kalsium terbentuk di kanal telinga bagian dalam. Pembentukan kalsium di telinga bagian dalam ini yang menjadi penyebab pusing singkat yang biasanya berlangsung dari 20 detik hingga 60 detik, B’timers. Penderita biasanya mengalami trauma pada kepala yang ketika menggerakkan kepala pada posisi tertentu bisa menyebabkan rasa pusing singkat itu.

Baca juga: TAK HARUS MAHAL, INI CARA ATASI VERTIGO MUDAH!

Sementara itu, neuritis vestibular disebabkan karena adanya infeksi telinga bagian dalam yang dapat jadi sebab terjadinya peradangan di sekitar saraf yang membantu dalam menjaga keseimbangan tubuh diri kita, B’timers. Jika vertigo telah parah, yang ditandai dengan berlangsung serangan selama 1 hari atau lebih, biasanya penderita juga mengalami gangguan pendengaran.

Sensasi Berputar-putar! Kenali Penyebab Vertigo! | Breaktime
Konsultasikan dengan dokter jika Anda sering mengalaminya

Untuk penyakit Meniere, yang dapat menyebabkan serangan vertigo, ini disebabkan oleh penumpukan cairan dan tekanan di telinga bagian dalam. Karena kondisi satu inilah, Anda berisiko mendapatkan satu serangan vertigo, B’timers. Serangan vertigo karena penyebab yang satu ini biasanya akan disertai pula dengan dengingan di telinga dan juga adanya gangguan pada indera pendengaran Anda.

Dan penyebab vertigo yang sangat tidak umum adalah jika terjadi cedera pada kepala maupun otak yang pada akhirnya menjadi penyebab migrain kronis, B’timers. Nah, itulah beberapa penyebab dari serangan vertigo yang harus Anda ketahui, B’timers. (NO)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE