Senam Otak; Otak Pun Butuh Olahraga | Breaktime
Senam Otak; Otak Pun Butuh Olahraga
22.12.2016

B’Timers, apakah akhir-akhir ini Anda  sering meninggalkan dokumen-dokumen penting di rumah atau melupakan meeting-meeting penting, atau mungkin Anda juga melupakan hari-hari istimewa yang membuat pasangan Anda menjadi kesal? Bila jawabannya iya, maka besar kemungkinan otak Anda merasa lelah, dan untuk mengatasi hal tersebut Anda dapat melakukan senam otak. Apakah senam otak itu? 

Baca juga : LAKUKAN HAL-HAL SEDERHANA INI AGAR OTAK SEHAT

Senam otak adalah jenis olahraga yang dikhususkan untuk organ tubuh yang merupakan pusat komando dari seluruh sistem tubuh yaitu otak. Otak, sama seperti organ-organ tubuh yang lain dapat menjadi lelah apabila dipaksa untuk bekerja keras tanpa henti. Dan ketika hal tersebut terjadi, maka otak akan mengalami penurunan kemampuan dalam menyerap, menyimpan dan memproses informasi sehingga tidak jarang Anda sering lupa akan suatu hal atau Anda mengalami kesulitan untuk berkonsentrasi. Peristiwa tersebut pada umumnya terjadi apabila Anda bekerja di bidang yang menuntut Anda untuk berpikir keras.

Senam otak pada umumnya meliputi kegiatan-kegiatan ringan namun tetap membutuhkan daya konsentrasi dari otak. Manfaat dari senam otak sendiri sangat beragam. Beberapa dari antaranya adalah peningkatan konsentrasi, peningkatan daya ingat, peningkatan respons pengolahan informasi sehingga akan sangat membantu Anda dalam menyelesaikan tugas-tugas kantor maupun aktivitas-aktivitas lainnya.

Senam Otak; Otak Pun Butuh Olahraga | Breaktime
Memperhatikan kesehatan otak itu penting, lho!

Apakah Anda sudah mulai tertarik untuk melakukan senam otak? Cara melakukan olahraga senam ini ternyata sangat sederhana dan dapat Anda lakukan dimanapun, termasuk ketika Anda sedang bersantai sepulang kerja. Langkah pertama adalah dengan mendekatkan kedua tangan di depan dada. Kemudian pertemukan kelima ujung jari kanan Anda dengan kelima ujung jari kiri Anda. Selanjutnya pisahkan kedua ujung ibu jari Anda dan gerakkan kedua ibu jari Anda ke depan belakang, lebih tepatnya menirukan gerakan kaki saat mengayuh sepeda. Lakukan hal yang sama dengan jari-jari yang lain secara bergantian dengan tempo yang lebih cepat sedikit demi sedikit.

Untuk gerakan senam yang kedua, dekatkan salah satu telapak tangan Anda ke depan Anda, dan telapak tangan lain membentuk pistol. Perlahan-lahan tempelkan ujung dari jari telunjuk Anda (dari telapak tangan yang membentuk pistol) pada telapak tangan. Lakukan langkah yang sama pada telapak tangan yang lain dengan menambahkan sedikit tempo sehingga menjadi lebih cepat.

Langkah selanjutnya, tempelkan salah satu telapak tangan di atas kepala dan telapak tangan yang lain ditempelkan pada perut. Setelah itu tepuk pelan kepala Anda dan setelah itu dilanjutkan dengan memutar telapak tangan yang lain di area perut. Lakukan hal tersebut secara berkali-kali sembari menambahkan kecepatan. 

Baca juga : WAH, TERNYATA TIDUR DAPAT “MENCUCI” OTAK! KOK BISA?

Pada gerakan senam keempat ini, pertama-tama Anda harus duduk dengan nyaman. Setelah itu kepalkan salah satu telapak tangan kanan Anda dan letakkan di atas paha Anda, lakukan hal yang sama pada sisi tangan yang lain. Kemudian pukul paha Anda, sedangkan telapak tangan lain melakukan gerakan maju mundur. Gerakan ini harus dilakukan secara bersamaan. Lakukan kedua gerakan tersebut berkali-kali dengan menambahkan temponya.

Langkah senam otak yang terakhir adalah dengan mengacungkan kedua jari telunjuk Anda ke arah depan dan gambar lingkaran di udara dengan jari telunjuk Anda, sedangkan gunakan tangan Anda yang lain untuk menggambar bentuk lain di udara. Lakukan olahraga otak ini secara rutin setiap harinya, atau paling tidak 2 kali dalam satu minggu. Sebagai hasilnya Anda tidak hanya akan mendapatkan tubuh yang sehat tetapi otak yang bugar pula! (dkp)  



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE