Sembuhkan Depresi dan Anxiety Dengan Art Therap | Breaktime
Sembuhkan Depresi dan Anxiety Dengan Art Therapy
23.09.2017

Depresi dan anxiety adalah dua jenis mental disorder yang sangat umum diderita oleh masyarakat modern. Bahkan menurut data dari WHO, sebanyak lebih dari 300 juta orang didiagnosis menderita penyakit ini. Gejala depresi sendiri meliputi insomnia, menurunnya selera makan, susah berkonsentrasi, dan penderita depresi selalu dihantui dengan perasaan bersalah dan perasaan bahwa ia tidak berharga. Umumnya, penderita depresi mengalami gejala tersebut dalam jangka waktu yang lama, yaitu sekitar 2 tahun. Dalam tahap depresi berat, penderita depresi sering berpikir atau bahkan mencoba untuk mengakhiri nyawanya. Sebanyak 800.000 penderita depresi meninggal dunia akibat bunuh diri tiap tahunnya. Ironically, para korban umumnya berada di usia yang muda dan produktif yaitu sekitar usia 15-29 tahun.

Jika kebetulan B’Timers adalah seseorang yang menderita depresi, jangan putus asa dulu. Saat ini mungkin Anda merasa terisolasi dan bahkan merasa bahwa depresi yang Anda alami tidak akan sembuh. Tapi kenyataannya depresi bisa diatasi. Mengkonsumsi anti-depressants bukanlah satu-satunya solusi. Anda pun bisa menghadapi episode depresi Anda dengan bantuan art therapy. Sudah pernah mendengarnya?

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Heboh Obat PCC yang Berbahaya bagi Syaraf Otak

Art therapy adalah salah satu jenis terapi yang menggunakan metode seni sebagai media pengekspresian diri. B’Timers pasti punya saat dimana Anda tidak bisa mengekspresikan emosi yang Anda rasakan melalui kata-kata, bukan? Nah, itulah mengapa art therapy dinilai sebagai salah satu metode penyembuhan yang ampuh. Karena emosi yang Anda rasakan akan dapat tersampaikan melalui lukisan Anda.

Media seni memang sudah digunakan selama ratusan tahun sebagai cara pengekspresian diri. Tapi untuk melakukan art therapy ini, B’Timers tidak perlu kok menjadi seorang seniman sekelas Van Gogh atau Picasso. Karena sekali lagi, terapi seni ini berfungsi untuk membantu Anda mengekspresikan emosi Anda selain dengan bentuk kata-kata. So, your artistic skill is irrelevant here. 

Sembuhkan Depresi dan Anxiety Dengan Art Therap | Breaktime
ekspresikan emosi Anda dengan art therapy!

Selain itu, terapi seni ini juga punya keuntungan lain. Yaitu Anda bisa melakukannya dimanapun Anda mau. Tidak hanya di rumah, Anda juga bisa melakukannya di kantor saat jam istirahat. Anda juga bisa melakukannya tanpa pengawasan dari seorang art therapist, walaupun tetap saja campur tangan art therapist tetap dibutuhkan untuk hasil yang maksimal.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Nonton Film Horor bisa Bikin Sehat, Benarkah?

Nah, art therapy ini ada banyak jenisnya B’Timers. Hampir semua teknik seni bisa digunakan dalam terapi ini. Mulai dari menggambar, mewarnai, kolase, pottery, hingga memahat patung. Tentu saja B’Timers bebas memilih metode mana yang sesuai untuk Anda. Jika Anda adalah jenis orang yang sibuk dan senantiasa dalam keadaan mobile, menggambar, mewarnai, dan kolase mungkin cocok bagi Anda. Sedangkan jika Anda menghabiskan banyak waktu di dalam rumah, pilihan karya seni yang bisa Anda pilih pun semakin banyak.

Anda bisa menggambarkan wujud dari depresi tersebut pada secarik kertas. Pejamkan mata Anda, dan bayangkan bagaimana wujud dari depresi tersebut jika ia memiliki rupa. Atau Anda juga bisa fokus menggambar emosi apa yang saat ini Anda rasakan. Tentu saja, selama melakukannya Anda tidak usah berpikir untuk menciptakan sesuatu yang WAH. Fokuslah pada diri Anda dan bagaimana Anda ingin emosi negatif yang Anda rasakan keluar dari pikiran Anda.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Cara Agar Rambut Tidak Mengembang, Lakukan Ini!

Membuat kolase sederhana juga bisa menjadi media art therapy yang sesuai, lho. Yang perlu Anda lakukan hanyalah membayangkan hal-hal yang membuat Anda senang, atau tempat dimana Anda merasakan kedamaian. Setelah itu cari gambar-gambar di dalam tabloid dan tempelkan potongan-potongan gambar tersebut di atas kertas. You don’t have to find the right pictures, jika Anda merasa tertarik dengan gambar tersebut, atau merasa bahwa gambar tersebut membuat hati Anda sedikit senang jangan ragu untuk menggunting dan menempelkannya.

Tidak ada yang abadi di dalam dunia ini, begitu juga depresi dan anxiety yang Anda derita. Suatu saat Anda pasti bisa keluar dari jurang depresi tersebut. Stay strong, B’Timers. (dkp)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE