Seluk-beluk Manfaat Kulit Pisang Untuk Rambut | Breaktime
Seluk-beluk Manfaat Kulit Pisang Untuk Rambut
31.10.2017

Pisang merupakan salah satu buah tropis yang menjadi favorit setiap orang dari berbagai kalangan. Di balik tiap gigitan legitnya tersimpan nutrisi bermanfaat seperti Vitamin A, B, C, dan E serta aneka jenis mineral berupa potassium, mangan, zinc, dan zat besi. Meski mengandung kalori dalam kadar yang cukup tinggi, buah pisang terbilang sehat sekaligus mampu mempertahankan bentuk tubuh ideal Anda. Selain menyehatkan dari dalam, buah pisang juga bermanfaat sebagai masker wajah untuk menjaga keseimbangan kulit wajah. Namun tahukah B’timers bahwa selain daging buahnya, manfaat kulit pisang untuk rambut juga terkandung dalam buah tropis yang satu ini?

Kulit pisang yang selama ini sering Anda buang begitu saja nyatanya mengandung banyak manfaat yang tak terduga bagi kesehatan dan kecantikan rambut.  Tambahkan potongan kulit pisang di dalam kemasan sampo Anda untuk memberikan nutrisi ekstra pada rambut. Bagi rambut yang mudah rontok dan bercabang, B’timers juga bisa meletakkan poongan kulit pisang di dalam kemasan sampo atau kondisioner Anda lalu bilas rambut seperti biasa. Anda juga bisa memblender kulit pisang dan gunakan sebagai masker rambut sekitar 30 menit sebelum dibilas.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Penyebab Thalassemia, Penyakit Langka Berbahaya

Kandungan kalium dan vitamin A yang tinggi menjadikan kulit pisang sebagai bahan pelembab rambut tepat untuk merawat kesehatan dan kecantikan rambut. Caranya, potong kulit pisang lalu masukkan ke dalam plastik dan pukul-pukul hingga hancur. Kocok hingga berubah lembab, lalu pindahkan kulit pisang yang telah hancur ke dalam botol kaca. Tambahkan minyak almond atau essence oil lainnya lalu tutup rapat dan diamkan di bawah paparan sinar matahari selama beberapa hari. Kocok terus botol tersebut setiap beberapa jam sekali agar terkocok rata. 

Seluk-beluk Manfaat Kulit Pisang Untuk Rambut | Breaktime
Tak hanya daging buahnya, kulit pisang juga memiliki khasiat tersendiri bagi kesehatan rambut

B’timers dapat menambahkan potongan kulit pisang yang telah dihancurkan untuk meningkatkan aroma kulit pisang dan memperkuat kandungan nutrisinya. Tambahkan terus potongan kulit pisang yang telah hancur untuk memberikan aroma minyak pisang yang Anda inginkan. Selanjutnya, saring cairan dalam botol untuk mendapatkan minyak kulit pisang yang bebas ampas dan dapat digunakan dengan praktis dan mudah. Minyak pisang tersebut kemudian dapat digunakan sebagai perawatan rambut hingga kulit wajah.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Jangan Sepelekan Gejala Kanker Payudara Pria Ini

Manfaat kulit pisang untuk rambut ialah untuk mengurangi rambut kusam dan kering. Caranya campurkan minyak pisang dengan madu sebagai kondisioner atau pelembab yang diaplikasikan usai mencuci rambut. Kandungan nutrisi pada kulit pisang terbukti mampu mengembalikan tingkat keasaman normal pada kulit kepala sehingga mengembalikan kilau alami pada rambut yang kering dan kusam. Kandungan nutrisi yang sama pada kulit pisang juga tak kalah bermanfaat sebagai perawatan anti-ketombe.

Bagi B’timers yang memiliki rambut yang sulit diatur, minyak kulit pisang dapat digunakan sebagai perawatan yang ebrkhasiat membantu menjadikan rambut Anda lebih mudah diatur dan memancarkan kilau alami. Minyak pisang juga dipercaya mampu menambahkan volume pada rambut yang cenderung tipis. Artinya, B’timers tak perlu repot memberi perawatan rambut kimiawi untuk melebatkan rambut apalagi melakukan hair extension untuk membuat rambut Anda terlihat mengembang alami.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Tanda-Tanda Vertigo, Benarkah Vertigo Penyakit?

Manfaat kulit pisang untuk rambut juga bisa Anda dapatkan dengan melakukan perawatan menggunakan minyak pisang untuk mencegah kebotakan. Minyak pisang mengandung zat gizi yang berkhasiat memperkuat akar rambut sehingga rambut Anda tak lagi mudah rontok. Semoga B’timers mampu mengembalikan kesehatan dan kemilau alami rambut Anda ya! (dee)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE