Selebriti Dunia yang Punya “Gangguan” Kejiwaan | BREAKTIME
Selebriti Dunia yang Punya “Gangguan” Kejiwaan
02.04.2015

Popularitas dan harta yang dimiliki seorang selebriti dunia ternyata tak menjamin mereka terbebas dari yang namanya sakit. Seperti halnya manusia pada umumnya, para selebriti ini bisa terserang penyakit dengan mudahnya, termasuk masalah kejiwaan. 

Ya, anxiety disorder dan bipolar disorder termasuk dalam penyakit kejiwaan yang bisa jadi sangat berbahaya jika tak ditangani dengan serius. Maka dari itu, tak ada salahnya B’timers intip beberapa informasi menarik terkait 2 gangguan jiwa yang diidap beberapa selebriti ternama berikut ini:

Johny Depp: Panic Disorders

Melihat aktingnya yang apik, siapa sangka Johny Depp menderita panic disorder?
Melihat aktingnya yang apik, siapa sangka Johny Depp menderita panic disorder?

Jika B’timers mudah cemas dan mulai terganggu dengan rasa panik yang dirasakan, waspadalah. Bisa jadi hal tersebut merupakan gejala awal dari panic disorder. Ya, mudah merasa panic dan cemas yang berlebihan ini termasuk kedalam mental illness yang cukup serius dan harus segera ditangani. Seseorang yang menderita gangguan ini akan merasakan ketakutan dan kekhawatiran yang sangat luar biasa, hingga dapat melumpuhkan fungsi otak. 

Penyebab dari gangguan mental ini sangat kompleks, namun sebagian besar diakibatkan oleh perubahan fungsi otak dan stress yang dipicu kondisi lingkungan sekitar. Selebriti dunia yang menderita penyakit ini selain Johny Depp adalah Scarlett Johansson, Kate Moss, Emma Stone, dan Adele. 

Linda Hamilton: Bipolar Disorder

Pemeran Sarah Connor dalam “Terminator” ini ternyata pengidap bipolar
Pemeran Sarah Connor dalam “Terminator” ini ternyata pengidap bipolar

Bipolar disorder atau yang biasa disebut dengan maniac depression merupakan salah satu gangguan kejiwaan yang banyak dialami penduduk Amerika. Berdasarkan National Institute of Mental Health, sekitar 5.7 juta orang di Amerika merupakan penderita bipolar. Tanda-tanda yang bisa dikenali saat orang terjangkit gangguan satu ini adalah mood swings yang begitu drastis dan juga tingkat stress yang tinggi. 

Seperti halnya anxiety disorder, bipolar juga disebabkan adanya perubahan fungsi otak dan tekanan dari lingkungan. Beberapa public figure dunia yang mengidap gangguan bipolar selain Linda Hamilton antara lain Vivien Leigh, Carrie Fisher, Van Damme, Sinead O’Connor. 

Mental illness bukanlah suatu penyakit yang tak bisa disembuhkan. Dengan penanganan tepat dan dukungan dari orang-orang sekitar, gangguan kejiwaan ini bisa ditekan hingga level yang paling rendah. Buktinya, para selebriti dunia ini tetap bisa menghibur dengan keahliannya masing-masing kan, B’timers?

Share This Article