Selama Masa Kehamilan, Hindari 6 Hal Ini! | Breaktime
Selama Masa Kehamilan, Hindari 6 Hal Ini!
28.08.2015

Selama masa kehamilan, calon ibu dianjurkan untuk mengonsumsi makanan sehat dan melakukan aktivitas tertentu. Namu, di sisi lain juga terdapat beberapa hal yang harus dihindari oleh ibu hamil untuk menjaga kesehatan diri sendiri serta janinnya. Apa saja?

Stres

Stres akan menyebabkan ketegangan pada tubuh Anda. Pada wanita hamil, stres bisa menyebabkan sembelit, sakit punggung, insomnia, serta bayi lahir prematur dan berat badan lahir rendah.

Rokok

Merokok sangatlah berbahaya bagi kesehatan Anda dan janin. Ketika Anda merokok, janin akan kekurangan oksigen sehingga pertumbuhannya lambat dan berat badan kurang. Bahkan hanya asapnya saja dapat menyebabkan persalinan prematur dan komplikasi kehamilan lainnya. Untuk itu, hindari rokok beserta asapnya.

Hindari minum obat tanpa petunjuk dokter
Hindari minum obat tanpa petunjuk dokter

Obat-obatan

Selama masa kehamilan, hindari mengonsumsi obat-obatan termasuk aspirin. Hanya minum obat yang disetujui atau disarankan dokter untuk menjaga pertumbuhan janin dalam kandungan Anda.

Kafein

Kopi, teh, dan soda harus benar-benar Anda hindari selama masa kehamilan. Kandungan kafein dalam minuman tersebut akan menjadi stimulan yang merangsang jantung dan otak.

Suplemen vitamin A

Vitamin A memang baik untuk kehamilan. Namun, jika berlebihan akan berakibat buruk misalnya saja menyebabkan cacat lahir atau keguguran. Untuk itu, batasi asupan vitamin A sesuai dengan kebutuhan ibu hamil, yaitu 770 mikrogram per hari.

Pestisida

Selama trimester pertama, sistem saraf bayi sedang berkembang pesat. Untuk itu hindarilah pestisida dan asap beracun lainnya. Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami untuk kebutuhan rumah tangga, seperti baking soda dan cuka. Selain itu, hindari juga berdekatan dengan cat karena umumnya cat mengandung timbal. Timbal terbukti dapat membahayakan perkembangan otak dan sistem saraf bayi.

Saat hamil penting untuk memperhatikan berbagai hal yang bisa membahayakan kesehatan janin. Selain itu, jangan lupa untuk rutin berkonsultasi pada dokter kandungan agar proses persalinan bisa berjalan lancar.

Share This Article