Sejuta Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan | Breaktime
Sejuta Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan
06.11.2016

Hai, B’timers! Anda pasti sudah sangat mengenal minyak zaitun. Salah satu jenis minyak yang sering digunakan untuk kecantikan. Manfaat minyak zaitun dipercaya dapat membuat kecantikan yang alami. Tahukah Anda apa saja yang terkandung dalam setiap 100 gram minyak zaitun? Setiap 100 gram minyak zaitun terkandung energi, karbohidrat, lemak jenuh, lemak jenuh tunggal, lemak jenuh ganda, omega-3, omega-6, protein, vitamin E, dan vitamin K.

Nah, dengan banyaknya kandungan positif dalam lemak zaitun otomatis juga terkandung banyak manfaat, dong! Tidak hanya untuk kecantikan B’timers, minyak zaitun juga punya manfaat lain yang harus Anda ketahui, nih. Yuk, simak ulasannya berikut ini!

Baca juga : MANFAAT MENGEJUTKAN DARI SI BUAH PAHIT MENGKUDU

1. Memberikan kelembaban alami kulit

Kandungan vitamin E pada minyak zaitun sangat baik untuk memberikan kadar minyak alami pada kulit. Anda bisa membersihkan wajah sebelum tidur dengan mengoleskan minyak zaitun. Hindari daerah mata pada saat mengoleskan minyak.

2. Mencegah penuaan dini

Minyak zaitun juga mengandung zat linoleic acid yang dapat menjaga kadar air dalam kulit wajah. Hal ini dapat mencegah munculnya keriput pada wajah. Kandungan antioksidan ini tidak hanya terdapat pada minyak zaitun, tetapi juga ada pada kacang hijau dan anggur.

3. Menghilangkan noda jerawat

Minyak zaitun juga sangat ampuh untuk menghilangkan noda jerawat. Caranya dengan memanaskan minyak zaitun sebentar, kemudian oleskan pada wajah yang terdapat noda jerawat.

4. Anti inflamasi

Antiksidan yang terdapat dalam minyak zaitun sangat tinggi, khususnya untuk jenis polifenol. Zat ini akan membantu melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Senyawa polifenol yang berfungsi sebagai antiinflamasi juga sangat baik untuk kesehatan tulang dan pencernaan.

Sejuta Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan | Breaktime
Kulit cantik sepanjang hari? Minyak zaitun solusinya!

5. Mengontrol tekanan darah

Menambahkan minyak zaitun dalam diet Anda selama 6 bulan akan memberikan manfaat luar biasa, yaitu mampu mengontrol tekanan darah. Namun, jangan melakukan hal ini tanpa pengawasan dokter.

6. Meningkatkan kolesterol baik

Minyak zaitun masuk dalam kategori makanan bukan lemak jenuh, sehingga mampu menurunkan kadar kolesterol jahat.

7. Mencegah kanker

Nah, B’timers yang satu ini merupakan manfaat minyak zaitun yang paling mencengangkan karena mampu mencegah pertumbuhan sel-sel kanker dalam tubuh. Khususnya pada wanita yang rajin mengonsumsi minyak zaitun dapat menurunkan resiko terserang kanker payudara.

Sejuta Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan | Breaktime
Minyak zaitun juga baik untuk kesehatan rambut

8. Mencegah stroke

Meskipun masih belum memiliki banyak bukti, namun minyak zaitun juga dipercaya menurunkan resiko terserang penyakit stroke di kemudian hari.

9. Menjaga kesehatan rambut

Rambut yang sering mengalami pengerintingan, pelurusan, pewarnaan atau yang sering terkena panas dan bahan-bahan kimia rambut, pasti akan mengalami kerusakan. Dan solusi terbaik untuk itu adalah minyak zaitun. Minyak zaitun berfungsi sebagai vitamin alami rambut yang dapat melembabkan dan mempercepat pertumbuhan rambut.

10. Aromaterapi

Manfaat minyak zaitun yang terakhir selain untuk kesehatan tubuh adalah sebagai aromaterapi. Minyak zaitun memiliki aroma yang khas dan wangi yang dapat menenangkan pikiran Anda. Dan juga minyak zaitun sering digunakan sebagai minyak pijat.

Wah, luar biasa sekali, ya B’timers manfaat minyak zaitun ini. Namun, meskipun memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh, ternyata minyak zaitun juga memiliki efek samping. Hal ini juga perlu Anda pahami agar pemakaian tidak berlebihan.

Baca juga : INILAH 5 KHASIAT BUAH NAGA YANG MENGEJUTKAN!

Minyak zaitun mungkin aman jika dikonsumsi secara langsung atau dioleskan pada bagian tubuh tertentu. Namun tetap saja ada peringatan khusus untuk cara penggunaannya, antara lain:

  • saat hamil dan menyusui : memang belum ada informasi khusus untuk ibu hamil dan menyusui saat mengonsumsi atau menggunakan minyak zaitun. Namun, untuk berjaga-jaga sebaiknya jangan menggunakan dan mengonsumsi minyak zaitun berlebihan.
  • penderita diabetes : minyak zaitun juga bermanfaat untuk menurunkan gula darah dan untuk penderita diabetes sebaiknya tetap memeriksa kadar gula darah dalam tubuhnya selama mengonsumsi minyak zaitun.
  • saat operasi bedah : karena minyak zaitun mampu menurunkan gula darah, maka sebaiknya berhenti mengonsumsi minyak zaitun 2 minggu sebelum melakukan operasi.

Nah, B’timers sekarang sudah jelas kan. Meskipun manfaat minyak zaitun sangat banyak untuk tubuh tetap saja juga akan ada efek sampingnya. Yang terpenting adalah kadar minyak zaitun yang Anda konsumsi atau Anda gunakan tidak berlebihan. Keep health and happy! (vpd)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE