Sehatkah Vagina Anda? Kenali 5 Tanda Berikut | Breaktime
Sehatkah Vagina Anda? Kenali 5 Tanda Berikut
05.11.2015

Semua wanita di dunia ini harus tahu dengan pasti bahwa vagina adalah bagian paling penting dan sensitif dari tubuh mereka. Jadi, para wanita harus menjaganya dan merawatnya dengan benar. Menjaga vagina tetap bersih sepanjang waktu adalah langkah awalnya. Berikut ini beberapa tanda yang bisa dijadikan sebagai indikasi bahwa vagina Anda tidak sehat:

Vagina kering

Vagina yang sehat tidak mungkin kering atau basah sepanjang waktu. Vagina yang kering dalam jangka waktu yang lama menandakan akan adanya masalah dan butuh untuk memeriksakan diri sesegera mungkin. Namun, masuk dalam tahap yang wajar jika vagina kering di uisia 50 tahun ke atas, mungkin hal itu dikarenakan menopause.

Memiliki aroma yang tidak sedap

Ketika vagina mengeluarkan bau tidak sedap, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter kelamin agar diketahui masalahnya. Tidak mungkin vagina Anda memiliki bau yang kurang sedap jika keadaannya sehat-sehat saja.

Merasa seperti terbakar

Jika Anda merasakan seperti gatal-gatal hebat atau terbakar di dalam vagina, jangan ditunda-tunda lagi untuk segera berkonsultasi dengan dokter. Itu bisa disebabkan oleh pertumbuhan jamur yang menyebabkan infeksi dan membutuhkan penanaganan khusus sebelum semuanya menyebar. 

Sehatkah Vagina Anda? Kenali 5 Tanda Berikut | Breaktime
Jangan sepelekan kesehatan vagina

Berdarah setelah melakukan hubungan seks

Mengalami perdarahan setelah melakukan hubungan seks merupakan salah salah satu pertanda yang yang paling umum seorang wanita terjangkit kanker serviks. Karena ini menyangkut hidup dan mati Anda, berhati-hatilah dan segera lakukan langkah terbaik untuk menanganinya.

Terjadi pendarahan yang tidak normal

Pendarahan yang tidak normal saat menstruasi bisa disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon pada tubuh. Pendarahan yang hebat ini bisa menyebabkan mentruasi tidak kunjung berhenti. Oleh karena itu, lebih baik untuk melakukan check up secara menyeluruh terlebih dahulu agar diketahui apakah terjadi masalah serius atau tidak.

Nah, ketika Anda merasakan tanda-tanda tersebut, lebih baik untuk segera memeriksakan diri sebelum terlambat. (ya)

Share This Article